5 Musisi yang Aktif pada Gerakan Lingkungan

Menyebarluasnya isu perubahan iklim telah menjadi ancaman yang nyata bagi seluruh makhluk hidup di bumi. Seiring dengan kondisi ini, inisiatif untuk melakukan gerakan peduli lingkungan juga banyak bermunculan. Mulai dari gerakan yang dilakukan oleh pemerintah, perusahaan dan bisnis, organisasi dan komunitas, sampai dengan para selebriti dan musisi.

Baca Juga: 5 Smartphone yang Berinovasi untuk Lebih Ramah Lingkungan

Menyadari kekuatan dari daya pengaruh (influence) yang dimiliki oleh para musisi, tidak sedikit dari mereka yang mulai aktif dalam gerakan lingkungan. Mari simak 5 musisi berikut yang secara aktif menyuarakan kepedulian terhadap lingkungan yang berkelanjutan!

Musisi Lingkungan: Coldplay

Grup band Coldplay dengan Chris Martin sebagai vokalisnya merupakan salah satu contoh grup musik yang aktif pada gerakan peduli lingkungan. Kepedulian Coldplay terhadap lingkungan ditunjukkan dengan kontribusi aktifnya pada kampanye untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

Tidak hanya itu, pada tahun 2019, Chris Martin menyatakan bahwa Coldplay tidak akan mengadakan tur konser sampai mereka benar-benar mampu menggelarnya dengan lebih ramah lingkungan. Selang empat tahun kemudian, di 2023 mereka akhirnya menggelar tur musik di Jakarta dengan membawa inisiatif untuk mengurangi emisi karbon mereka hingga 50% melalui tiga prinsip berkelanjutan; reduce, reinvent, dan restore. 

Musisi Lingkungan: Ed Sheeran

Ed Sheeran adalah salah satu musisi dunia yang juga memiliki perhatian khusus pada lingkungan. Salah satu bentuk dukungan terhadap keberlanjutan lingkungan adalah pada kampanye “No Single Use Plastic”.

Selain itu, Ed Sheeran juga diketahui telah menyumbangkan pendapatan dari konsernya untuk organisasi yang bergerak di bidang lingkungan yaitu London Wildlife Trust. Ed Sheeran mengakui bawa dirinya merasa bertanggungjawab untuk menghijaukan Inggris, karena jejak karbon yang ia hasilkan sebagai warga negara dirasa tidak sedikit. 

Musisi Lingkungan: Billie Eilish

Musisi muda dan bertalenta, Billie Eilish adalah salah satu musisi yang juga aktif mengadvokasikan isu-isu lingkungan. Salah satu kampanye yang aktif diikutinya adalah “Vote Climate U.S. PAC” yang berfokus pada isu perubahan iklim. 

Di samping itu, Billie Eilish juga sempat meraih penghargaan EMA Missions in Music Awards atas pastisipasinya di kampanye hijau. Penghargaan ini diselenggarakan oleh The Environmental Media Association di Los Angeles. 

Musisi Lingkungan: Lana Del Rey

Musisi berikutnya yang juga menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan adalah Lana Del Rey. Melalui lagu berjudul ‘The Greatest’, Lana Del Rey menceritakan kondisi perubahan iklim di bumi. Liriknya, “L.A.’s in flames, it’s getting hot… Life on Mars ain’t just a song’, menggambarkan betapa mendalamnya perasaan Lana Del Rey melihat kondisi bumi yang semakin panas tersebut. 

Musisi Lingkungan: Efek Rumah Kaca

Bukan hanya musisi dunia saja, Indonesia juga memiliki musisi yang peduli terhadap lingkungan. Seperti namanya Efek Rumah Kaca (ERK) adalah musisi yang sejak tahun 2009 telah berusaha untuk membangun kesadaran untuk menciptakan lingkungan hijau.

Seperti melalui lagu-lagunya yaitub “Debu-Debu Berterbangan”, “Di Udara”, “Belanja Terus Sampai Mati”, dan “Tiba-Tiba Jadi Batu” yang menceritakan mengenai kondisi iklim bumi yang semakin mengkhawatirkan.

Baca Juga: 5 Buku Climate Change Tingkatkan Pemahaman Lingkungan

Melihat bahwa kepedulian terhadap lingkungan bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk oleh para musisi. Maka, setiap dari kita juga perlu untuk lebih sadar dan memahami bagaimana cara untuk menjaga lingkungan alam. Saat itu, telah hadir layanan All-In-One Solution dari Satuplatform untuk dapat membantu mendukung inisiatif setiap pihak yg peduli pada lingkungan. Coba FREE DEMO ini sekarang juga!

Similar Article

5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…