Sustainability dan Sustainable Business

Isu Keberlanjutan atau Sustainability

Komitmen Indonesia Terhadap Keberlanjutan atau Sustainability

 

Awalnya isu sustainability hanya dipahami sebagai hubungan dengan permasalahan lingkungan saja. Hal ini berkaitan erat dengan perubahan iklim, penggunaan energi tak-terbarukan, dan hilangnya keanekaragaman hayati. Seiring berjalannya waktu, isu sustainability kini telah berkembang dan meliputi berbagai macam isu, diantaranya:

  1. Isu lingkungan
  2. Isu krisis ekonomi global
  3. Isu ketimpangan sosial
  4. Isu kemiskinan dan kurangnya kesejahteraan

Dalam penerapan isu sustainability bukan hanya melulu soal keindahan laut dan sejuknya pepohonan, melainkan adanya tujuan untuk memperoleh pendidikan serta kehidupan yang aman dan nyaman. Bisnis Keberlanjutan: Bagaimana kita memulainya?

Komitmen Indonesia Terhadap Keberlanjutan atau Sustainability

Indonesia sebagai salah satu negara berkembang turut berpartisipasi dalam penanganan isu-isu sustainability yang ada, 2 komitmen tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Meratifikasi Perjanjian Paris di New York pada tanggal 22 April 2016, sebagai negara peratifikasi. Indonesia berkomitmen untuk melakukan upaya menurunkan emisi gas rumah kaca dan bergerak aktif dalam mencegah terjadinya perubahan iklim.
  2. Mencapai Sustainable Development Goals (SDG’s) atau Pembangunan Berkelanjutan pada tahun 2030, dimana SDG’s adalah kesepakatan pembangunan baru yang mendorong perubahan-perubahan yang bergeser ke arah pembangunan berkelanjutan yang berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup. SDG’s memiliki 4 (empat) pilar dengan 17 Tujuan dan 169 Target:

  • Pilar Pembangunan Sosial
  • Pilar Pembangunan Lingkungan
  • Pilar Pembangunan Ekonomi
  • Pilar Pembangunan Hukum dan Tata Kelola

Peran Sustainable Business terhadap Keberlanjutan atau Sustainability

Peran pelaku usaha sangatlah penting dalam mewujudkan target yang sudah ditetapkan. Pemerintah sebagai pembuat kebijakan dan penyedia sarana secara legal formal perlu melakukan sinergi dengan para pelaku usaha sebagai pelaksana kebijakan tersebut. Membangun sebuah bisnis tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, begitu banyak hal yang harus dilakukan agar dapat dikategorikan sebagai “Sustainable Business atau Bisnis Berkelanjutan.

Sustainable business merupakan bisnis yang memberikan manfaat selain untuk perusahaan tersebut tetapi juga untuk masyarakat dan lingkungan. Sustainable business tidak hanya berfokus pada keuntungan materi atau profit, melainkan implementasi 3P yaitu People, Profit dan Planet harus dipegang teguh oleh para pelaku usaha.

Implementasi Sustainability : People (Masyarakat)

Keterkaitan antara sustainable business dengan masyarakat cukup erat disini. Seperti diketahui bahwa tujuan dari sustainable business bukan hanya memberikan manfaat bagi yang mendirikan dan menjalankan bisnis tersebut, melainkan untuk masyarakat yang menggunakan produk/jasanya. Selain itu, dukungan dari masyarakat juga berperan penting bagi keberlanjutan bisnis.

Implementasi Sustainability : Profit (Keuntungan)

Tujuan utama dalam mendirikan sebuah bisnis tidak lain adalah untuk mendapatkan profit atau keuntungan yang lebih banyak. Sustainable business berfokus untuk meningkatkan efisiensi dan produksi serta memperbaiki sistem manajemen kerja yang lebih efektif.

Implementasi Sustainability : Planet (Lingkungan)

Selain masyarakat, lingkungan juga merupakan aspek yang sangat terikat dengan sustainable business, karena lingkungan merupakan “tempat” berlangsungnya aktivitas manusia salah satunya menjalankan roda bisnis.

Your All-in-One Sustainability Platform

Sustainable business juga dapat dicapai dengan memperhatikan efisiensi dari semua aspek yang diperlukan untuk kestabilan sebuah bisnis. Bekerja sama dengan pihak ketiga untuk melakukan penilaian berkelanjutan menjadi solusi yang dapat dilakukan.

Satuplatform hadir untuk mencapai tujuan keberlanjutan dengan menjadi yang terdepan sesuai regulasi yang berlaku. Satuplatform adalah platform all-in-one yang menyediakan solusi komprehensif untuk ESG management, carbon accounting, dan sustainability reporting.

Dengan fitur-fitur Satuplatform, Anda dapat:

  1. Mengumpulkan dan menganalisis data ESG secara akurat dan efisien
  2. Melacak emisi karbon dan menetapkan target pengurangan emisi
  3. Menyusun laporan ESG yang memenuhi standar internasional dan nasional

Satuplatform juga didukung oleh tim ahli yang berpengalaman di bidang keberlanjutan bisnis. Tim ahli kami akan membantu memahami kebutuhan Anda dan mengimplementasikan solusi yang tepat. Hubungi Satuplatform dan dapatkan FREE DEMO sekarang! Wujudkan bisnis yang berkelanjutan, berdaya saing, dan bertanggung jawab bersama Satuplatform.

Similar Article

5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…