Bangunan Gedung Hijau: 3 Inspirasinya di Seluruh Dunia

Semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup di tengah lingkungan yang asri, mendorong berbagai inisiatif dan langkah berkelanjutan dari berbagai pihak demi mendukung terciptanya kondisi tersebut. Bangunan gedung hijau pun menjadi salah satu pilihan yang menawarkan berbagai manfaat ekonomi, lingkungan, dan kesehatan.

Baca Juga: Bangunan Gedung Hijau: Pengertian, Kriteria, hingga Manfaatnya

Bangunan dengan konsep hijau, umumnya dibangun dan dioperasikan dengan tujuan yang tidak hanya baik bagi penghuni, namun juga aman bagi alam sekitar. Didukung fitur-fitur yang mendukung efisiensi energi dan sumber daya, terciptanya kualitas udara yang baik, pengelolaan limbah yang efektif, sampai dengan fasilitas untuk gaya hidup ramah lingkungan.

Sebab, menurut UN Environment Programme (UNEP), sektor bangunan dan konstruksi telah menjadi salah satu kontributor emisi gas rumah kaca (GRK) terbesar bagi bumi. Menyumbang sekitar 37 persen emisi global. Melalui efisiensi energi pada bangunan, proyeksi menunjukkan bahwa emisi operasional akan berkurang dari 75 persen penjadi 50 persen dalam beberapa dekade mendatang.

Baca Juga: Implementasi Bangunan Gedung Hijau di Wilayah DKI Jakarta

Mari ketahui berbagai inspirasi bangunan gedung hijau dari seluruh dunia yang punya arsitektur menarik dan unik. Bersumber dari laman BBC, berikut ini adalah lima pilihannya.

1. Bangunan Gedung Hijau di Sony City, Jepang

Adalah gedung departemen penelitian dan pengembangan Sony yang terletak di Sony City, Osaki, Tokyo. Gedung ini dirancang oleh firma arsitektur, perencanaan, dan teknik, Nikken Sekkei, yang telah mengerjakan lebih dari 25 ribu proyek di lebih dari 50 negara.

Gedung ini dirancang sebagai pendingin besar, berfungsi seperti hutan alami karena dapat membuat udara tetap sejuk meski matahari terik. Hal ini bisa terjadi karena panel surya dari fasad selatan yang menghasilkan panas akan melindungi area tersebut. Bangunan ini dilapisi dengan Bioskin, dapat mendinginkan area luar saat air hujan yang terkumpul dari atap dialirkan ke dalam tabung.

2. Bangunan Gedung Hijau di Sekolah Hijau, Indonesia

Sekolah eskperimental yang berfokus pada pengajaran tentang material-material berkelanjutan ini punya desain yang unik dan menawan. Dibangun dengan memanfaatkan bambu sebagai material utamanya.

Sisi bangunan yang terbuka berfungsi sebagai ventilasi alami, membuat area dalam dan luar saling terhubung tidak bersekat. Dalam hal energi listrik, sekolah ini juga sudah menggunakan energi terbarukan dari sistem mikro-hidro dan panel surya. Digunakan juga Bio Bus sebagai transportasi antar jemput, yang menggunakan minyak goreng bekas atau jelantah sebagai bahan bakarnya.

3. Bangunan Gedung Hijau di Ospedale dell’Angelo, Italia

Bangunan ini merupakan sebuah rumah sakit ramah umum ramah lingkungan pertama di dunia. Dibangun selama 40 tahun oleh arsitek Italia, Emilio Ambasz.

Bangunan ini sangat luas dan besar sebab memiliki aula masuk setinggi 30 meter dan panjang 200 meter. Menggunakan atap hijau untuk setiap ruangannya. Dilengkapi dengan taman besar dengan berbagai jenis tanaman, menghadap ke ruang tunggu dan sebagian kamar pasien di setiap lantai.

Bagaimana menurutmu? Bangunan hijau mana lagi yang bisa menjadi inspirasi dalam keberlanjutan?

Pelaku usaha, bisnis, perusahaan juga dapat turut serta berkontribusi dalam pencegahan krisis iklim dengan melakukan pengukuran dan pemantauan emisi karbon secara teratur serta melaporkannya secara transparan kepada publik untuk dapat membantu perusahaan memahami dampak lingkungan dari operasinya dan menetapkan target-target pengurangan emisi.

Agar kegiatan pengukuran dan analisa emisi gas rumah kaca dapat dikerjakan secara lebih efektif, lakukan semua prosesnya bersama Satuplatform!

Satuplatform merupakan platform all-in-one yang menyediakan solusi komprehensif untuk ESG Management, Carbon Accounting, dan Sustainability Reporting. Kami dapat membantu Anda mencapai tujuan keberlanjutan dengan menjadi yang terdepan sesuai regulasi yang berlaku. 

Dengan fitur-fitur Satuplatform, Anda dapat:

  1. Mengumpulkan dan menganalisis data ESG secara akurat dan efisien
  2. Melacak emisi karbon dan menetapkan target pengurangan emisi
  3. Menyusun laporan ESG yang memenuhi standar internasional dan nasional

Satuplatform juga didukung oleh tim ahli yang berpengalaman di bidang keberlanjutan bisnis. Tim ahli kami akan membantu memahami kebutuhan Anda dan mengimplementasikan solusi yang tepat. Hubungi Satuplatform dan dapatkan FREE DEMO sekarang! 

Wujudkan bisnis yang berkelanjutan, berdaya saing, dan bertanggung jawab bersama Satuplatform.

Similar Article

5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…