5 Perusahaan yang Sukses Terapkan Komitmen ESG

Kesadaran akan isu lingkungan dari para perusahaan saat ini diiringi dengan tren untuk menjaga tanggung jawab sosial, serta menciptakan tata kelola perusahaan yang baik. Dalam hal ini, perusahaan berusaha untuk melakukan implementasi kerangka  environmental, social, and governance (ESG). Baca Juga: Pentingnya Pelaporan ESG kepada Investor

Pertimbangan mengenai ESG di antara perusahaan juga diiringi dengan peluang bisnis dan investasi yang dapat dihasilkan. Sehingga, perusahaan-perusahaan tidak ingin kehilangan peluang bisnis dari komitmen ESG tersebut.  Simak, bagaimana penerapan komitmen ESG dari 5 perusahaan berikut ini. Baca Juga: 5 Perusahaan Ini Terapkan Green Business sebagai Strategi Berkelanjutan

Komitmen ESG Pertamina 

Pertamina adalah salah satu perusahaan yang memiliki komitmen kuat terhadap ESG. Salah satu misi Pertamina dengan penerapan komitmen ESG dari segi lingkungan  adalah untuk mendukung target Net Zero Emission (NZE) di 2060. Hal tersebut dimanifestasikan melalui 3 peran utama. Yakni, menjaga ketahanan energi nasional, menjalankan transisi energi melalui energi bersih dan energi baru terbarukan, serta aktif untuk berkontribusi dalam initiatif capaian NZE.

Dari segi sosial, komitmen ESG Pertamina tercermin dalam upaya untuk memberdayakan masyarakat dan pengembangan UMKM. Sementara dari segi governance, Pertamina  terus memperkuat aspek keselamatan kerja dan tata ke kelola perusahaan yang berwawasan etika bisnis. 

Dari komitmen yang dijalankan tersebut, pada Desember 2023 Pertamina berhasil menyabet skor tertinggi di antara 61 perusahaan dunia dalam pemeringkatan Lembaga ESG Rating Sustainalytics. Rating pertamina meningkat dari 22,1 (medium risk) ke 20,7 (medium risk).

Komitmen ESG WiKa

Perusahaan berikutnya yang berkomitmen terhadap implementasi ESG adalah WiKa atau PT Wijata Karya. Melalui komitmen ESGnya, WiKa hadir sebagai perusahaan konstruksi berkelanjutan (sustainable construction). Dengan komitmen tersebut, WiKa berhasil meraih ESG Risk Rating sebesar 29,8 (medium) yang menunjukkan keandalan yang terbaik di industrinya. 

Salah satu inisiatif ESG yang dijalankan WiKA adalah dengan menciptakan pusat kepemimpinan berbasis kearifan lokal yang diberi nama WIKASATRIAN. Dengan kehadiran WIKASATRIAN, terbukti inisiatif tersebut telah mendukung budidaya hayati khas Jawa Barat sekaligus ber-impact terhadap pembangunan interaksi masyarakat sekitar. Dengan program tersebut, WiKA mendapat apresiasi lembaga kredibel di bidang lingkungan, sosial, maupun Tata Kelola Perusahaan (GCG) di tahun 2023.

Komitmen ESG PLN

Perusahaan yang saat ini juga berkomitmen terhadap ESG adalah PT Perusahaan Listrik Negara. Perusahaan ini mengintegrasikan inisiatif environmental, social, dan governance (ESG) ke dalam proses bisnisnya secara berkelanjutan.

Salah satu bentuk komitmen dari PLN adalah dengan menggelar Sustainability Day di tahun 2023. Di samping itu, PLN juga berkomitmen untuk menerapkan prinsip Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam kebijakan dan strategi Sumber Daya Manusia (SDM). Melalui komitmen ESG tersebut, PLN berhasil menurunkan ESG risk rating sebesar 8 poin dalam kurun waktu satu tahun menjadi 30,3 di tahun 2023.

Komitmen ESG Sinar Mas Land

Sinar Mas Land adalah suatu perusahaan pengembang properti di Indonesia yang masuk dalam 2024 Top Rated ESG Companies List di regional Asia Pasifik. Pencapaian ini berhasil diraih oleh Sinar Mas Land dikarenakan komitmen ESG yang secara berkelanjutan diterapkan oleh perusahaan tersebut.

Sementara berdasarkan Sustainalytics, rating ESG untuk Sinar Mas Land adalah di poin 14,5 (low risk). Meskipun sudah memiliki capaian yang baik, Sinar Mas Land tetap selalu melakukan inisiatif ESGnya. Seperti di tahun 2023, Sinar Mas Land baru saja menambah lima gedung operasional yang memanfaatkan Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan Renewable Energy Certificate (REC) di kawasan BSD City.

Komitmen ESG PTBA

Perusahaan berikutnya yang berkomitmen terhadap ESG adalah PTBA (PT Bukit Asam). Secara senantiasa PTBA selalu memastikan bahwa proses bisnisnya berpedoman pada regulasi internasional seperti Sustainable Development Goals (SDGs) maupun dari Prinsip Penambangan International Council on Mining and Metals (ICMM).

Inisiatif ESG PTBA salah satunya terlihat dari tujuannya untuk mencapai target Net Zero  Carbon. Dalam inisiatif ini, PTBA menggandeng kerja sama strategis dengan lembaga CDP (Carbon Disclosure Project) untuk menyusun laporan kinerja lingkungan perusahaan. Dengan manajemen lingkungan PTBA yang baik tersebut, PTBA meraih peringkat emas dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) tahun 2023.

Tidak dapat dipungkiri, perhatian terhadap ESG memang perlu secara komprehensif ditanamkan oleh setiap pihak di dalam perusahaan. Oleh sebab itu,  saat ini telah hadir layanan yang dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan berkelanjutan. Seperti layanan dari Satuplatform yang hadir sebagai all-in-one solution bagi perusahaan.  Coba FREE DEMOnya sekarang. 

Similar Article

5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…