5 Smartphone yang Berinovasi untuk Lebih Ramah Lingkungan

Di tengah perkembangan dunia digital yang semakin masif, kepedulian terhadap lingkungan juga tetap perlu diperhatikan. Hal ini tidak lain adalah untuk mendukung tujuan berkelanjutan untuk bumi yang lebih lestari. Di era digital saat ini inovasi untuk lebih ramah lingkungan juga ikut dilakukan oleh brand smartphone.

Baca Juga: 5 Buku Climate Change Tingkatkan Pemahaman Lingkungan

Dengan semakin meluasnya penggunaan perangkat digital berupa gadget maupun smartphone, maka upaya untuk menciptakan inovasi berkelanjutan bagi smartphone dapat memberikan impact yang signifikan terhadap upaya pencapaian lingkungan yang lestari.    

Mari simak, 5 Smartphone yang berinovasi untuk lebih ramah lingkungan berikut ini:

Samsung Galaxy Z Fold 3 5G

Salah satu smartphone yang berinovasi untuk lebih ramah lingkungan adalah Samsung Galaxy Z Fold 3 5G. Smartphone ini merupakan yang pertama di dunia yang memiliki teknologi layar untuk Eco2 (Eco Square) Hemat Energi.

Dengan teknologi yang dimiliki oleh smartphone Samsung Galaxy Z Fold 3 5G, penggunaan plastik ikut terkurangi. Hal ini secara tidak langsung menjadi terobosan besar bagi brand Samsung karena upaya mengurangi penggunaan material plastik merupakan concern yang besar di lingkungan.

Samsung Galaxy S22 Series

Smartphone Samsung lainnya yang juga merupakan produk yang ramah lingkungan adalah Samsung Galaxy 22 Series. Smartphone yang satu ini disusun dengan material ramah lingkungan dalam devicenya yang menggunakan 20 persen plastik daur ulang.

Adapun plastik daur ulang ini diperoleh dari lingkungan laut berupa jaring ikan yang dibuang. Di samping itu, bahan daur ulang lainnya juga didapat dari bagian dalam tombol volume dan daya. Sementara untuk kemasannya sendiri, Samsung Galaxy S22 telah menggunakan 100 % kertas daur ulang.

Realme GT 2 Pro

Smartphone lainnya yang juga berkomitmen terhadap kelestarian lingkungan adalah Realme GT 2 Pro. Bahan baku dari body smartphone ini berbasis dari biopolimer yang terbuat dari daur ulang kertas.   

Oleh Realme GT 2 Pro,  penggunaan bahan biopolimer diproduksi dengan Paper Tech Master Design yang sejalan dengan visi berkelanjutan. Di samping itu, untuk body smartphone tersebut, Realme juga bekerja sama dengan SABIC untuk bahan bersertifikasi ISCC. Sehingga dengan demikian emisi karbon yang dihasilkan adalah 35,5 persen lebih sedikit.

Oppo Find X5

Tidak hanya Samsung dan Realme, brand Oppo juga ikut serta berinovasi untuk menciptakan lingkungan yang berkelanjutan. Dengan merefleksikan bisnis pada misi ‘Technology for Mankind, Kindness for The World’, Oppo terus berinvestasi pada inisiatif berkelanjutan. 

Salah satu contoh smartphone Oppo yang dibuat dari bahan ramah lingkungan adalah Oppo Find X5. Bahan baku dari smarthphone ini sekitar 45% diperoleh dari serat daur ulang seperti kertas daur ulang, maupun sampah organik dari tebu dan bambu. 

iPhone 14 Pro

Smartphone berikutnya yang juga mengusung konsep ramah lingkungan adalah iPhone 14 Pro. Belum banyak diketahui ternyata smarthphone mewah ini memiliki model yang ramah lingkungan. Untuk kabel di kameranya, iPhone 14 Pro menggunakan emas daur ulang sampai 100%. Sementara 

Di samping itu, komponen dari iPhone 14 pro juga menggunakan plastik daur ulang sampai sekitar 35%. Sementara jika dihitung dari jejak karbon yang dihasilkan dari proses produksinya, iPhone 14 Pro terbukti memiliki sekitar 6% jejak karbon yang lebih sedikit dari iPhone 13 Pro.

Baca Juga: Panduan Memulai Kebiasaan Ramah Lingkungan dalam Keseharian

Itulah beberapa Smartphone yang dapat mendukung lingkungan yang lebih berkelanjutan. Saat ini, memang untuk mencapai keberlanjutan lingkungan dapat dicapai melalui banyak cara. Salah satunya pula adalah dengan mengkonsultasikan rencana berkelanjutan perusahaan melalui Satuplatform. Coba FREE DEMOnya sekarang!

Similar Article

5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…