Strategi Meningkatkan Ketahanan Pangan

Ketahanan pangan adalah konsep yang mencakup berbagai aspek untuk memastikan semua orang, di semua tempat, mendapatkan akses yang memadai dan berkelanjutan terhadap makanan yang bergizi dan aman. Terhindar dari ancaman kelaparan.

Baca Juga: Ketahanan Pangan: Pengertian dan Tantangannya

Memastikan terlaksananya ketahanan pangan yang baik menjadi hal yang sangat penting bagi suatu negara juga secara global sebab berhubungan langsung pada banyak hal. Beberapa di antaranya ialah faktor kesehatan, kesejahteraan, dan stabilitas sosial-ekonomi.

Akan tetapi, dalam beberapa waktu ke belakang, upaya berbagai negara untuk mencapai ketahanan pangan dihadapkan pada sejumlah tantangan yang kompleks dan saling terkait. Mulai dari pertumbuhan penduduk, degradasi lahan, penyakit tanaman dan hama, pandemi COVID-19, konflik antar negara, hingga perubahan iklim memberi dampak signifikan bagi kestabilan pangan dunia.

World Bank menyebut bahwa kerawanan pangan global telah meningkat. Berdasarkan data terbaru dari World Food Programme, terjadi peningkatan terhadap jumlah orang yang menderita kerawanan pangan. Meningkat dari 135 juta orang pada 2019, menjadi 345 juta orang pada bulan Juni 2022 (data menyasar pada 82 negara di dunia).

Selain itu, laporan berjudul State of Food Security and Nutrition in the World (SOFI) yang diterbitkan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) menemukan bahwa sekitar 2,4 miliar orang tidak memiliki akses terhadap makanan yang bergizi, aman, dan cukup. Masalah ini tentu membutuhkan penyelesaian segera, utamanya untuk menghindarkan masyarakat dari potensi kelaparan dam kekurangan gizi.

Baca Juga: Perubahan Iklim Dan Ketahanan Pangan

Oleh karena itu, meningkatkan ketahanan pangan global menjadi sebuah urgensi sekaligus tantangan yang kompleks dan memerlukan pendekatan multidimensional. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah berbagai strategi yang dilakukan banyak pihak dalam memastikan dan meningkatkan ketahanan pangan global.

1.  Memastikan Produksi Pangan Berkelanjutan

Menurut Wolrd Economic Forum, salah satu yang perlu dilakukan dalam meningkatkan ketahanan pangan ialah dengan mengamankan musim pertanian di masa mendatang dan menjaga kesuburan tanah. 

Di tengah meningkatnya dampak masalah lingkungan dan perubahan iklim, petani perlu untuk mengembangkan varietas tanaman yang tahan terhadap kekeringan, hama, dan penyakit. Juga menerapkan teknologi irigasi yang efisien dan pertanian yang presisi guna memantau dan mengelola lahan pertanian.

Selain itu, melakukan diversifikasi tanaman dapat turut membantu mencegah risiko tanaman  terdampak hama dan penyakit, sehingga menjaga ketersediaan hasil pangan.

2.  Mendorong Agroekologi untuk Ketahanan Pangan

Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) mendefinisikan agroekologi sebagai sebuah perancangan dan pengelolaan sistem pertanian dan pangan berkelanjutan dengan pendekatan holistik dan terpadu serta menerapkan konsep ekologi dan sosial. Bertujuan meningkatkan siklus alami dan interaksi antara tanaman, hewan, tanah, air, dan iklim, dengan tetap menghormati pengetahuan, budaya, dan kebutuhan lokal petani dan konsumen.

Penerapan prinsip dan praktik agroekologi diyakini dapat meningkatkan produksi pangan, mengurangi dampak lingkungan, melestarikan keanekaragaman hayati, dan memperkuat sistem pangan. Contoh kegiatannya ialah penggunaan pupuk organik, pergiliran tanaman, tumpang sari, agroforestri, dan pengelolaan hama terpadu.

3.  Mengurangi Kehilangan dan Pemborosan Pangan untuk Memenuhi Ketahanan

Pangan yang hilang dan terbuang berpengaruh pada kondisi ketahanan pangan. Meningkatkan efisiensi rantai pasokan pangan dari produksi hingga konsumsi dapat membantu mengurangi kehilangan dan pemborosan pangan.

Sampah makanan tidak hanya berkontribusi terhadap kelaparan, namun juga emisi gas rumah kaca, kelangkaan air, dan degradasi lahan. Makanan yang terbuang dan busuk di tempat pembuangan sampah akan menghasilkan metana, gas rumah kaca yang memiliki potensi pemanasan global 25 kali lebih besar dibandingkan dengan karbon dioksida (CO2) dalam jangka waktu 100 tahun.

Penerapan praktik, teknologi, dan kebijakan yang lebih baik dapat menghemat sumber daya pangan, uang, dan lingkungan. Dimulai dengan meningkatkan fasilitas penyimpanan dan transportasi, mendorong donasi dan re-distribusi makanan, mengedukasi konsumen dan dunia usaha mengenai penanganan dan pelabelan makanan yang benar, serta mendorong pembuatan kompos dan daur ulang.

3.  Mendukung Petani Skala Kecil dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan

Sebuah artikel kolaboratif LinkedIn menjelaskan bahwa petani skala kecil sering kali menghadapi banyak tantangan, seperti kurangnya akses terhadap pasar, kredit, input, teknologi, dan layanan penyuluhan. Mereka juga rentan terhadap guncangan iklim, hama, penyakit, dan fluktuasi harga.

Oleh karena itu, berinvestasi pada mereka dapat membantu mereka meningkatkan produktivitas, pendapatan, serta kontribusi mereka terhadap keanekaragaman, kualitas, dan kedaulatan. Beberapa di antaranya dengan memberikan dukungan finansial, kredit, pelatihan, hingga penyuluhan terkait praktik pertanian berkelanjutan dan teknologi terbaru.

4.  Meningkatkan Pemahaman Gizi dan Infrastruktur Pertanian untuk Ketahanan Pangan

Mengedukasi masyarakat tentang pentingnya gizi seimbang dan pola makan yang sehat merupakan salah satu langkah yang diperlukan dalam menjaga ketahanan pangan. Sebab hal ini berperan dalam meningkatkan kesadaran dan permintaan akan makanan bergizi dan beragam, serta mempengaruhi perilaku dan kebijakan produsen, pengolah, pengecer, dan regulator makanan.

Selain itu, membangun infrastruktur yang baik untuk transportasi dan penyimpanan pangan juga dapat membantu petani mengurangi kehilangan pangan pasca-panen. 

Ketahanan pangan adalah fondasi bagi pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan manusia. Dengan memastikan ketahanan pangan, kita tidak hanya memenuhi kebutuhan dasar manusia tetapi juga menciptakan masyarakat yang lebih stabil, sehat, dan produktif.

Meningkatkan ketahanan pangan global memerlukan kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, organisasi non-pemerintah, dan masyarakat. Dengan pendekatan yang holistik dan terkoordinasi, ketahanan pangan global dapat ditingkatkan, memastikan ketersediaan pangan yang cukup dan bergizi bagi semua orang.

Similar Article

5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…