Mengenal Corporate Social Responsibility

Pengertian

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah bentuk pertanggungjawaban sosial dari perusahaan kepada setiap stakeholder dan juga seluruh pihak lain yang memiliki kepentingan. Tiap pihak yang dimaksud di sini termasuk pemegang saham, karyawan perusahaan, konsumen, pemerintahan, dan juga masyarakat dan lingkungan sekitar yang ada di lingkup perusahaan tersebut.

Menurut Suharto, Corporate Social Responsibility (CSR) adalah kepedulian perusahaan yang menyisihkan sebagian keuntungan (profit) bagi kepentingan pembangunan manusia (people) dan lingkungan (planet) secara berkelanjutan berdasarkan prosedur yang tepat dan profesional. Baca Juga : Penilaian Daur Hidup Untuk Menciptakan Bisnis Berkelanjutan

Corporate Social Responsibility Menurut PP 47 Tahun 2012

Pada PP No. 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, Perseroan Terbatas menyatakan tanggung jawab sosial dan lingkungan yang bertujuan mewujudkan pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat bagi komunitas setempat, masyarakat, dan Perseroan itu sendiri dalam rangka terjalinnya hubungan Perseroan yang serasi, seimbang, dan sesuai dengan lingkungan, nilai, norma, dan budaya masyarakat setempat. 

Pengaturan Corporate Social Responsibility

Pengaturan tanggung jawab sosial dan lingkungan tersebut dimaksudkan untuk:

     

      1. Meningkatkan kesadaran Perseroan terhadap pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan di Indonesia

      1. Memenuhi perkembangan kebutuhan hukum dalam masyarakat

      1. Mengenai tanggung jawab sosial dan lingkungan

      1. Menguatkan pengaturan tanggung jawab sosial dan lingkungan yang telah diatur dalam berbagai peraturan perundang-undangan sesuai dengan bidang kegiatan usaha Perseroan yang bersangkutan

    Peraturan Pemerintah Tentang Corporate Social Responsibility

    Peraturan Pemerintah mengatur mengenai:

       

        1. Tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dilakukan oleh Perseroan dalam menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam berdasarkan Undang-Undang.

        1. Pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan dilakukan di dalam ataupun di luar lingkungan Perseroan.

        1. Tanggung jawab sosial dan lingkungan dilaksanakan berdasarkan rencana kerja tahunan yang memuat rencana kegiatan dan anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaannya.

        1. Pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan disusun dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran.

        1. Pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan wajib dimuat dalam laporan tahunan Perseroan untuk dipertanggungjawabkan kepada RUPS.

        1. Penegasan pengaturan pengenaan sanksi Perseroan yang tidak melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

        1. Perseroan yang telah berperan dan melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan dapat diberikan penghargaan oleh instansi

      Manfaat Corporate Social Responsibility

      Bagi Lingkungan Hidup

      Manfaat program CSR untuk membantu melakukan upaya pelestarian dan menjaga lingkungan hidup. Perusahaan dapat aktif berkontribusi melalui program yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan.

      Bagi Masyarakat

      Program CSR juga bermanfaat untuk masyarakat khususnya masyarakat sekitar dengan menyerap tenaga kerja dari warga di lingkungan perusahaan agar dapat membantu meningkatkan kesejahteraan. Program yang dapat dilakukan misalnya melalui pemberdayaan dan pengembangan yang disediakan oleh pihak perusahan.

      Bagi Pemerintah

      CSR dapat berperan dalam mendukung program-program pemerintah guna kemajuan bangsa dan negara. CSR juga membantu pemerintah dalam menangani berbagai masalah sosial seperti pencemaran lingkungan, pengangguran, kemiskinan, minimnya fasilitas kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.  Baca Juga : Mengenal Konservasi Energi dan Pelaksanaannya

      Bagi Perusahaan

         

          1. Meningkatkan citra perusahaan

          1. Mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain

          1. Memperkuat brand merek perusahaan dimata masyarakat

          1. Membedakan perusahaan tersebut dengan pesaingnya

          1. Memberikan inovasi bagi perusahaan

          1. Hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan masyarakat, lingkungan dan pemerintah

        Jenis Corporate Social Responsibility

           

            1. Cause Promotion adalah perusahaan menyediakan dana atau sumber daya lainnya yang dimiliki perusahaan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kegiatan sosial.

            1. Cause Related Marketing adalah perusahaan memiliki presentase tertentu dari penghasilannya untuk suatu kegiatan sosial berdasarkan besarnya penjualan produk.

            1. Corporate Social Marketing adalah perusahaan mengembangkan dan melaksanakan kampanye untuk mengubah perilaku masyarakat dengan tujuan meningkatkan kesehatan dan keselamatan publik, menjaga kelestarian lingkungan hidup serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

            1. Corporate Philanthropy adalah perusahaan memberikan sumbangan langsung dalam bentuk derma untuk kalangan masyarakat tertentu.

            1. Community Volunteering adalah perusahaan mendukung dan mendorong karyawan, rekan pedagang eceran atau para pemegang franchise agar menyisihkan waktu secara sukarela membantu organisasi masyarakat lokal maupun masyarakat yang menjadi sasaran program.

            1. Socially Responsible Business Practice adalah perusahaan melaksanakan kegiatan bisnis melampaui aktivitas bisnis yang diwajibkan oleh hukum serta melakukan investasi yang mendukung kegiatan sosial dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan komunitas dan memelihara lingkungan hidup.

          Your All-in-One Sustainability Platform

          Satuplatform hadir untuk mencapai tujuan keberlanjutan dengan menjadi yang terdepan sesuai regulasi yang berlaku. Satuplatform adalah platform all-in-one yang menyediakan solusi komprehensif untuk ESG management, carbon accounting, dan sustainability reporting.

          Dengan fitur-fitur Satuplatform, Anda dapat:

          1. Mengumpulkan dan menganalisis data ESG secara akurat dan efisien
          2. Melacak emisi karbon dan menetapkan target pengurangan emisi
          3. Menyusun laporan ESG yang memenuhi standar internasional dan nasional

           

          Satuplatform juga didukung oleh tim ahli yang berpengalaman di bidang keberlanjutan bisnis. Tim ahli kami akan membantu memahami kebutuhan Anda dan mengimplementasikan solusi yang tepat. Hubungi Satuplatform dan dapatkan FREE DEMO sekarang! Wujudkan bisnis yang berkelanjutan, berdaya saing, dan bertanggung jawab bersama Satuplatform.

          Similar Article

          5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

          Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…