Daftar Sistem atau Software yang Mendukung Keberlanjutan Lingkungan

Di era modern seperti saat ini penting bagi masyarakat, untuk mengembangkan kepedulian terhadap banyak sektor. Salah satunya adalah memahami betapa pentingnya keberlanjutan lingkungan. Sehingga Anda dapat menerapkan berbagai aktivitas untuk mewujudkannya.

Salah satu caranya dapat Anda terapkan dengan menggunakan software aplikasi yang ramah lingkungan, sama halnya seperti pentingnya advokasi lingkungan. Cara tersebut sangat efisien dalam mendukung keberlanjutan alam serta dunia. Sehingga langkah kecil Anda akan memberikan dampak cukup besar bagi kehidupan umat manusia.

software ramah lingkungan

Deretan Software Terbaik Ramah Lingkungan

Konsep sustainable living saat ini tidak hanya sebagai trend semata. Namun konsep tersebut akan menjadi sebuah langkah nyata dalam proses pelestarian bumi. Sehingga setiap orang dapat berkontribusi dalam menjamin kehidupan manusia secara lebih baik.

Bahkan sekarang banyak sekali teknologi yang mengambil peran dalam mendukung gaya hidup tersebut. Ada banyak aplikasi hadir sebagai langkah inovatif dalam membantu peningkatan prinsipnya. Berikut adalah beberapa software ramah lingkungan, yaitu:

Satu Platform

Diurutan pertama terdapat aplikasi Satu Platform, yang dapat Anda ketahui informasi lengkapnya di satuplatform.com. Software tersebut merupakan sebuah platform all-in-one terbaik bagi semua umat manusia saat ini.

Satu Platform juga menyediakan beragam solusi komprehensif terhadap ESG management. Bukan hanya itu saja Satu Platform juga menyediakan solusi terkait sustainability reporting dan carbon management.

Pihaknya merupakan software dari Indonesia yang dapat masyarakat pakai dalam mendukung keberlanjutan lingkungan. Satu Platform telah mengantongi berbagai sertifikat company sekaligus global reporting inisiatif.

Saat ini Satu Platform sesuai pada peraturan Otoritas Jasa Keuangan serta berkomitmen dalam ikut serta mendukung keberlanjutan lingkungan. Hal tersebut dapat Anda lihat dengan adanya internasional financial reporting standar sustainability alliance serta TCFD.

iHuerting

Aplikasi ramah lingkungan selanjutnya adalah iHuerting. Software ini dapat membantu masyarakat dalam mulai membangun taman kota mulai dari nol. Bahkan melalui aplikasi tersebut Anda dapat menjadi petani perkotaan secara mudah.

Disini Anda akan belajar bagaimana mulai menanam teras rumah, balkon apartemen, halaman belakang serta sepetak kecil lahan di rumah. iHuerting nantinya akan siap membantu semua orang dalam merawat tanaman secara intuitif.

Disini Anda tidak akan belajar metode pertanian sulit. Namun semua informasi akan terkemas secara sederhana dan pastinya menyenangkan. Aplikasi tersebut juga akan mengingatkan pemakaian berbagai produk ramah lingkungan dalam merawat tanaman.

Octopus

Umumnya berbagai teknologi dengan prinsip keberlanjutan ada dalam berbagai sektor. Nantinya masyarakat dapat memanfaatkan berbagai software tersebut dalam berbagai kehidupan sehari-hari.

Adanya teknologi berprinsip berkelanjutan tentu akan memberikan manfaat cukup besar bagi lingkungan. Salah satunya dapat Anda terapkan dengan menggunakan software Octopus.

Octopus merupakan aplikasi yang nantinya akan membuat bumi serta dompet Anda senang. Disini masyarakat akan belajar mengenai tanggung jawab terhadap sampah serta kebersihan.

Berbagai kegiatan dalam aplikasi tersebut juga akan menyediakan insentif bagi penggunanya. Anda dapat menyetorkan kemasan bekas pakai untuk daur ulang. Nantinya individu akan memperoleh poin, yang dapat Anda pakai membayar listrik atau beli pulsa.

Masyarakat juga dapat memperoleh voucher makan di restoran. Setidaknya ada 3 layanan mobile apps, untuk pengguna, pelestari serta pebisnis produksi sampah. Ketiga aplikasi tersebut nantinya akan bersinergi cukup baik dalam mendukung prinsip pelestarian.

ThredUp

Ada satu lagi layanan yang mengutamakan prinsip ramah lingkungan. ThredUp merupakan layanan dengan manfaat cukup besar. Bukan hanya membantu pelestarian bumi namun juga merubah pemikiran penggunanya.

ThredUp akan menjadi pilihan terbaik agar Anda tidak perlu membeli pakaian baru lagi. Layanan tersebut merupakan sebuah toko konsinyasi online, yang mendukung seseorang melakukan thrifting.

ThredUp juga dapat Anda sebut sebagai toko barang bekas, yang membuat Anda bisa menjual atau membeli barang bekas. Disini masyarakat dapat memanfaatkannya agar bisa turut serta menekan produksi pakaian.

Siklus

Salah satu aplikasi terbaik yang perlu Anda manfaatkan secara bijak adalah siklus. Platform tersebut adalah layanan pesan antar, yang mendukung penekanan pemakaian plastic di masyarakat.

Siklus akan menghemat pengeluaran rumah tangga secara maksimal. Bahkan harganya jauh lebih murah serta hemat ongkir. Anda dapat memanfaatkan Siklus dalam berbagai kebutuhan.

Umumnya Siklus akan menyediakan berbagai produk, seperti homecare, personal care sampai makanan. Anda dapat memilih produk lalu memilih waktu pengiriman. Lanjutkan metode pembayaran serta siapkan wadah ketika kurir sampai di rumah.

Tracco

Aplikasi ramah lingkungan selanjutnya adalah Tracco. Layanan ini akan membantu Anda dalam menganalisa rutinitas harian masyarakat. Mulai dari pemakaian transportasi sampai dengan konsumsi listrik.

Melalui Tracco individu juga bisa melakukan perhitungan perkiraan emisi karbon. Bukan hanya itu saja Tracco juga bisa masyarakat manfaatkan dalam membeli berbagai produk ramah lingkungan. Upaya tersebut akan membuat masyarakat berpartisipasi pada carbon offsetting.

Olio

Terakhir adalah Olio platform donasi yang bisa masyarakat manfaatkan secara baik. Contohnya ketika memasak berlebihan atau mendapatkan hadiah lalu ingin mendonasikannya.

Melalui Olio individu juga mampu berdonasi pakaian, mainan serta buku. Melalui platform tersebut setiap orang bisa ikut berdonasi dan menerapkan prinsip ramah lingkungan.

Setiap orang mampu memanfaatkan aplikasi sebelumnya sebagai langkah awal kepedulian terhadap lingkungan. Dengan menggunakan platform diatas setiap orang dapat berkontribusi secara nyata dalam misi keberlanjutan bumi.

Sumber dan referensi:
https://www.greeners.co/gaya-hidup/4-aplikasi-untuk-gaya-hidup-berkelanjutan/
https://www.dbs.com/spark/index/id_id/site/articles/livemorekind/2022-aplikasi-sustainable-lifestyle.html
https://satuplatform.com/about-us

Artikel terkait: