Transisi Energi: Wawasan bagi Pemangku Kepentingan dan Konsumen Energi di Indonesia 

Transisi energi tengah memperoleh banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Terdapat banyak narasi dari berbagai sumber, khususnya pemangku kepentingan, terkait transisi energi yang muncul di banyak media daring. Baca Juga: Sekilas Tentang Transisi Energi di Indonesia 

Clean, Affordable, and Secure Energy atau CASE Indonesia secara khusus menganalisis dan menghadirkan berbagai opini yang muncul yang diharapkan dapat membantu membentuk pemahaman seragam di antara para pemangku kepentingan dan masyarakat dalam menyikapi transisi energi yang disusun dalam sebuah laporan berjudul “Narrative Trends in Energy Transition: Insights for State Actors and Energy Consumers in Indonesia”.

Berikut ini merupakan sedikit pembahasan dari laporan di atas. 

Tren 1: Net Zero Emission 2060 Untuk Wujudkan Indonesia Emas 2045 

Indonesia diketahui tengah mengejar ambisi Indonesia Emas pada tahun 2045.

Ada banyak target yang dikejar, salah satunya ialah mencapai pertumbuhan ekonomi yang ditandai dengan peningkatan pendapatan per kapita setara dengan negara maju serta penurunan intensitas emisi. Transisi energi dianggap dapat menjadi salah satu cara untuk mewujudkannya.

Laporan tren narasi transisi energi oleh CASE menyebut bahwa janji Indonesia untuk mencapai Emisi Nol Bersih pada tahun 2060 atau lebih awal, saat ini telah mendapat dukungan luas dari badan-badan pemerintah, badan usaha milik negara, dan badan usaha swasta.

Sejak pertama kali diumumkan, Indonesia terus menunjukkan komitmen yang kuat untuk memajukan inisiatif energi yang holistik, bersih, terjangkau, dan aman. Indonesia juga turut mempersiapkan seperangkat kebijakan dan aturan pendukung yang diperlukan, seperti Kebijakan Energi Nasional (KEN) dan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) untuk dapat fokus memonitor pertumbuhan sistem energi di Indonesia.

Informasi selengkapnya dapat ditemukan pada laporan berikut ini.

Tren 2: Langkah Besar Menjalankan Transisi Energi 

Laporan tren narasi oleh CASE menjelaskan bahwa Indonesia berada di bawah tekanan besar dalam upaya mempercepat transformasi energi. Baca Juga: Menciptakan Masa Depan Berkelanjutan Melalui Transformasi Energi 

Potensi ancaman krisis iklim dan energi serta rendahnya kesadaran akan potensi manfaat sistem berbasis energi terbarukan menyebabkan perlambatan peralihan menuju energi ramah lingkungan. Terbukti dengan masih relatif rendahnya porsi energi terbarukan dalam bauran energi.

Ketergantungan Indonesia yang tinggi terhadap batu bara dan posisinya sebagai eksportir global menyebabkan Indonesia terus bergulat dengan implikasi ketergantungan batu bara dalam perjalanannya menuju penggunaan sumber energi dan kebijakan yang lebih berkelanjutan. Sebagai salah satu eksportir batu bara terbesar di dunia, Indonesia menghadapi kesulitan dalam menyeimbangkan manfaat ekonomi dan dampak lingkungan hidup. 

Meski sadar akan dampak yang ditimbulkan dari batu bara, dilema juga muncul karena di saat yang sama harus berjuang mempertahankan pertumbuhan ekonomi. Dan hal ini yang masih kurang disadari oleh generasi muda, bahwa bahan bakar fosil tidak akan selamanya menguntungkan.

Kurangnya kesadaran ini dapat melanggengkan penggunaan bahan bakar fosil, yang dapat menimbulkan dampak besar terhadap lingkungan dan kesehatan. Tanpa pemahaman yang baik, masyarakat mungkin tidak akan mendukung kebijakan dan inisiatif yang bertujuan untuk mempromosikan energi bersih.

Informasi selengkapnya dapat ditemukan pada laporan berikut ini.

Tren 3: Meningkatnya Berita Terkait Transisi Energi 

Media memainkan peran penting dalam mendorong percakapan dan membentuk narasi publik mengenai transisi energi. Berperan dalam upaya peningkatan kesadaran masyarakat dan tanggung jawab masyarakat.

Laporan tren narasi transisi energi oleh CASE mendapati bahwa sejak tahun 2020 hingga 2021, pemberitaan di media massa Indonesia mengenai transisi energi meningkat sebesar 160%. Terdapat total 11.432 pemberitaan sepanjang 2020-2022 terkait energi ini di berbagai media daring. 

Narasi utama yang ditemukan ialah Indonesia bersedia melakukan transisi energi yang didorong oleh faktor eksternal seperti komitmen NDC dan pendanaan internasional. Didukung juga secara nyata oleh sebagian pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat sipil.

Narasi lain yang ditemukan yakni berupa perubahan arah dalam rencana dan arahan transisi energi oleh para pemangku kepentingan di Indonesia. Disebabkan terjadinya Perang Rusia-Ukraina, sehingga menyebabkan kemunduran pada beberapa narasi energi ramah lingkungan.

Informasi selengkapnya dapat ditemukan pada laporan berikut ini.

Tren 4: Pesan Utama Pemangku Kepentingan terkait Transisi Energi 

Sistem pemerintahan dan kelompok keagamaan masyarakat telah menunjukkan minat dalam mendukungnya. Begitu juga dengan generasi muda saat menerima pesan-pesan yang informatif terkait transisi energi.

Wujud minat dan ketertarikan tersebut dapat dibaca dalam laporan berikut ini.

Akan tetapi, laporan tren narasi menemukan bahwa suara yang paling signifikan dalam mendorong transisi ini masih datang dari LSM dan organisasi internasional. Jika dilakukan bersama-sama, beragam kelompok ini berkontribusi positif dalam memajukan masa depan energi berkelanjutan dan terbarukan.

Tren 5: Perkembangan Instrumen dan Teknologi Ramah Lingkungan

Berbagai instrumen dan teknologi dalam hal transisi energi ramah lingkungan terus mengalami perkembangan di Indonesia.

Skema dan teknologi insentif baru membantu transisi menuju sistem energi yang lebih ramah lingkungan. Instrumen kebijakan dan keuangan, seperti obligasi ramah lingkungan dan insentif pajak, mengatasi risiko peraturan yang menghambat investasi pada energi terbarukan.

Informasi selengkapnya dapat ditemukan pada laporan berikut ini.

Tren 6: Menuju Indonesia yang Lebih Hijau

Seiring dengan kemajuan Indonesia, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJP) baru untuk periode 2025-2045 sedang dalam tahap penyusunan. 

RPJP 2025-2045 memberikan peluang besar bagi Indonesia untuk mengatasi jebakan pendapatan menengah, mencapai seratus tahunnya pada tahun 2045, dan melakukan transisi menuju ekonomi hijau yang berkelanjutan.

Berbagai langkah seperti penghentian secara bertahap penggunaan batu bara, penggunaan energi terbarukan serta bahan bakar fosil yang ramah lingkungan menjadi hal yang bisa dijalankan dalam upaya transisi energi di Indonesia.

Indonesia berada pada titik kritis dalam transisi energi, dengan beragam pemangku kepentingan yang membentuk narasi dan mempengaruhi lanskap energi masa depan negara ini. 

Pendekatan yang kolaboratif dan terinformasi sangat penting untuk membentuk jalur ke depan yang berkelanjutan, melestarikan lingkungan sekaligus memenuhi kebutuhan energi negara yang terus meningkat. Baca informasi selengkapnya terkait tren narasi transisi energi di Indonesia dalam laporan berjudul “Narrative Trends in Energy Transition: Insights for State Actors and Energy Consumers in Indonesia” yang dapat diunduh via link di sini.

Similar Article

5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…