5 Film Bertema Lingkungan Supaya Makin Sadar Alam Sekitar

Film Lingkungan – Tak kenal maka tak sayang, sepertinya menjadi ungkapan yang cocok digunakan untuk menggambarkan bagaimana kepedulian kita manusia terhadap alam sekitar. Apabila kita merasa bahwa kondisi bumi tidak berubah dan masih sama seperti hari-hari sebelumnya, bisa jadi karena kurangnya eksplorasi yang kita lakukan. Padahal, jika kita berkenan sejenak melihat lebih dekat apa yang terjadi pada lingkungan, ada banyak hal yang bisa menyesakkan hati. Baca Juga: 3 Isu Lingkungan Berikut Ini Didorong untuk Segera Ditangani

Panas yang kian membakar, hujan ekstrem disertai badai, air laut yang semakin tinggi melebihi daratan, sampai dengan permasalahan sampah yang tidak ada habisnya adalah beberapa hal yang patut kita khawatirkan.

Untuk dapat meningkatkan kesadaran kita terhadap kondisi alam sekitar, mari kita menghibur diri dengan menonton film-film bertema lingkungan berikut ini. Baca Juga: Bisakah Menjadikan Kegiatan Pertambangan Lebih Ramah Lingkungan?

#1 The Human Element (Film Lingkungan)

Film berjudul The Human Element yang rilis pada tahun 2019 ini berfokus pada masalah perubahan iklim.

Hadir dengan genre dokumenter, film ini mengisahkan tentang perjalanan fotografer lingkungan bernama James Balog yang selama empat dekade karirnya mengarahkan lensa kameranya untuk merekam interaksi antara manusia dan alam sekitar. Menuntun penonton untuk merenungkan posisi dan tanggung jawab kita manusia terhadap lingkungan.

Film ini menunjukkan bagaimana pemanasan global berkontribusi signifikan terhadap terjadinya kebakaran hutan dan fenomena angin topan yang dampaknya dapat mengganggu keseimbangan ekosistem. 

Balog juga mengunjungi salah satu wilayah Amerika Serikat yang disebut berada di garis depan perubahan iklim. Ia mewawancarai seorang penduduk sekaligus nelayan di Pulau Tangier, di Chesapeake Bay, Virginia, yang menghadapi dampak berupa kenaikan permukaan air laut sehingga menyebabkan para nelayan cukup kesulitan untuk berlayar.

Dalam film ini, akan ditunjukkan bagaimana manusia mempunya peran yang besar dalam mengembalikan keseimbangan alam semesta dan menciptakan masa depan yang cerah.

#2 Before the Flood (Film Lingkungan)

Selanjutnya merupakan film bertemakan lingkungan yang digarap dengan melibatkan kolaborasi antara aktor terkenal Leonardo DiCaprio dan National Geographic.

Film Before the Flood merupakan film dokumenter yang membahas soal perubahan iklim serta peran aktivitas manusia yang menjadikan kondisinya semakin kritis dan berdampak jelas pada lingkungan. Pertama kali tayang pada tahun 2016

Diceritakan dalam film tentang bagaimana para ilmuwan menunjukkan bahwa berbagai kerusakan telah terjadi di berbagai penjuru bumi akibat dari aktivitas manusia. Semakin diperparah dengan peningkatan emisi karbon dan eksploitasi sumber daya alam.

Sayangnya, pemerintah dunia kurang mempercayai adanya perubahan iklim. Para pemangku kepentingan dinilai hanya memikirkan hal-hal yang berorientasi dengan ekonomi. Sedangkan, keamanan nasional sebatas investasi besar-besaran yang memberikan pendapatan berlimpah bagi negara dan masyarakat.

Selain plotnya yang apik, pemilihan Di Caprio sebagai aktor dalam film merupakan ide yang menarik mengingat bahwa ia tidak hanya banyak diminati, namun juga merupakan duta perdamaian PBB terkait lingkungan pada saat itu sekaligus memiliki pengalaman mendirikan Earth Alliance.

Film ini dapat membuka mata banyak orang terkait pentingnya memperjuangkan masa depan dan menerapkan cara kehidupan yang lebih berkelanjutan.

#3 2040 (Film Lingkungan)

Film berjudul 2040 yang dirilis pada tahun 2019 diproduksi untuk menghadirkan solusi kreatif mengatasi tantangan perubahan iklim.

Berbeda dari film bertema lingkungan kebanyakan, 2040 tidak berfokus pada urgensi masalah. Damon Gameau selaku pembuat film ingin para penonton dan masyarakat dunia optimis untuk dapat mencari penyelesaian yang tepat dalam melawan masalah lingkungan yang ada.

Film ini secara khusus menampilkan berbagai ide inovasi dan teknologi yang didukung oleh para akademisi dan pakar ekologi, yang dianggap dapat membalikkan keadaan pada tahun 2040. Menjadikan dunia lebih cerah di masa depan.

Beberapa contohnya seperti inovasi energi terbarukan seperti tenaga surya di atap, peralihan ke praktik pertanian regeneratif, dan pemanfaatan rumput laut secara serbaguna. sebagai fasilitator ketahanan pangan.

#4 Sexy Killers (Film Lingkungan)

Film dokumenter berjudul Sexy Killers ini merupakan film yang berasal dari Indonesia dan tayang pertama kali di YouTube pada tahun 2019.

Sexy Killers menghadirkan cerita tentang proses perjalanan pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) sampai dengan dampak yang timbul dari aktivitas pertambangan baik bagi masyarakat juga daerah setempat.

Dalam film ini ditunjukkan bagaimana banyak sekali tanah-tanah pertanian yang terkena dampak dari kegiatan tambang. Lahan hijau hancur, alam sekitar menjadi gersang, masyarakat pun menjadi kesulitan untuk memanfaatkan lingkungan tempat tinggalnya. Salah satunya dalam hal memperoleh air bersih.

Tidak hanya itu, pertambangan juga menyisakan lubang-lubang besar bekas galian tambang yang sayangnya tidak dikelola dengan baik. Bahkan, sampai mengancam masyarakat setempat akibat lubang yang dalam dan tidak adanya pengamanan yang baik di sekelilingnya.

#5 A Plastic Ocean (Film Lingkungan)

Film Plastic Ocean hadir dengan disutradarai oleh Craig Leeson dan bercerita tentang masalah plastik di lautan.

Cerita dimulai dengan adegan Craig Leeson bersama dengan penyelam bernama Tanya Streeter dan tim ilmuwan serta peneliti nasional mengunjungi dan menjelajahi berbagai lokasi lautan di seluruh dunia untuk mencari paus biru langka.

Sayangnya, bukannya menemukan paus biru yang dimaksud, ia dan tim malah melihat tumpukan sampah plastik yang masih sangat utuh dan bersih. Sampah plastik ini mengambang bebas dan menutupi permukaan laut yang sangat luas tersebut.

Film ini dapat membawa penonton untuk melihat lebih dekat bagaimana laut ternyata tidak terlepas dari pencemaran akibat plastik.

Similar Article

5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…