Mengenal Biomassa dan Manfaat Penggunaannya

Biomassa - Satuplatform

 

Biomassa – Satuplatform

Pengertian Biomassa

Biomassa adalah istilah yang dipakai untuk menyebutkan semua senyawa organik yang berasal dari organisme yang ada di Bumi. Senyawa ini bisa berupa tumbuhan, hewan, mikroba, bahkan manusia bisa menjadi sumber energi biomassa. Baca Juga : Mengenal Konservasi Energi dan Pelaksanaannya

Biomassa sendiri tidak mengalami proses transformasi yang bersifat lama dan geologis, seperti batu bara dan minyak. Dapat dijadikan sumber energi umumnya adalah limbah setelah diambil produk primernya dan nilai ekonomisnya rendah. Kelebihan sumber energi biomassa adalah terbarukan sehingga dapat menyediakan sumber energi secara berkelanjutan.

Manfaat Biomassa

Mengurangi Polusi Udara

Semakin berkembangnya teknologi, biomassa bisa menjadi ramah lingkungan. Disamping beberapa penggunaannya yang juga bisa merusak lingkungan seperti penggunaan kayu bakar untuk memasak. Penggunaan untuk mengurangi polusi udara dengan pembakaran pada boiler yang dapat meminimalisir efek polusi asap agar lebih aman dan efisien

Meningkatkan kualitas air

Kualitas udara yang terkena polusi akan menimbukan hujan asam. Penggunaan energi biomassa efektif mengurangi peluang hujan asam karena energi yang dihasilkan tidak menghasilkan emisi sulfur. Untuk menjaga kualitas air di Bumi agar terjaga sehingga konsumsi akan air bagi manusia menjadi lebih aman dan sehat.

Menghasilkan Energi Alternatif

Penggunaan biomassa dapat mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan bahan bakar fosil yang kian menipis seperti minyak bumi, batubara dan gas bumi. Biofuel adalah salah satu energi alternatif yang berasal dari biomassa.

Menghasilkan Energi yang Tidak Akan Habis

Berbeda dengan bahan bakar fosil seperti minyak bumi, batu bara dan gas bumi yang mungkin akan habis. Tentunya energi biomassa yang berasal dari bahan organik seperti tumbuhan dan hewan ini kedepannya akan menjadi sumber energi yang tidak akan habis karena seperti yang kita ketahui tumbuhan akan terus tumbuh dan hewan akan terus berproduksi.

Mengurangi Limbah Organik

Penggunaan biomassa bisa sangat berguna pada pengolahan limbah organik yang melimpah seperti limbah dapur, limbah kota dan limbah lainnya menjadi energi yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Sehingga, limbah organik yang terdapat di Bumi bisa berkurang dengan banyak.

Biomassa Sebagai Penghasil Devisa Negara

Biomassa selain menjadi sumber energi yang sangat penting dengan berbagai produk primer seperti kayu, serat, minyak dan bahan pangan yang bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan domestik, biomassa juga bisa diekspor dan menjadi penghasil devisa negara.

Contoh Biomassa yang Dapat Dijadikan Energi

Limbah Pertanian

Beberapa limbah pertanian yang dapat dijadikan biomassa diantaranya ampas tebu dan jerami atau kotoran ternak yang dapat diolah menjadi bahan bakar yang digunakan untuk menghasilkan listrik atau panas.

Biogas

Cara membuat biogas adalah dengan cara menguraikan bahan organik seperti pupuk kandang, kotoran manusia atau tanaman tersebut melalui proses fermentasi dengan menggunakan bantuan mikroorganisme anaerobik untuk menghasilkan gas metana dan karbon dioksida. Gas yang dihasilkan dari proses ini dapat dimanfaatkan untuk menyalakan kompor, pembangkit listrik dan juga sebagai pemanas.

Tanaman Energi

Tanaman seperti jagung, rami dan lainnya bisa di fermentasi dan diolah menjadi tanaman energi yang menghasilkan butanol, etanol, metanol, propanol dan biodesel

Kayu

Sumber energi yang umum dan sejak dahulu kala sudah dilakukan adalah pembakaran kayu, namun perlu diingat pembakaran kayu ini menghasilkan polusi dan kerusakan lingkungan terlebih jika kayu yang digunakan berasal dari hutan. Untuk itu, penggunaan kayu sebagai sumber energi harus diiringi dengan reboisasi yang berkelanjutan.

Your All-in-One Sustainability Platform

Satuplatform hadir untuk mencapai tujuan keberlanjutan dengan menjadi yang terdepan sesuai regulasi yang berlaku. Satuplatform adalah platform all-in-one yang menyediakan solusi komprehensif untuk ESG management, carbon accounting, dan sustainability reporting.

Dengan fitur-fitur Satuplatform, Anda dapat:

  1. Mengumpulkan dan menganalisis data ESG secara akurat dan efisien
  2. Melacak emisi karbon dan menetapkan target pengurangan emisi
  3. Menyusun laporan ESG yang memenuhi standar internasional dan nasional

Satuplatform juga didukung oleh tim ahli yang berpengalaman di bidang keberlanjutan bisnis. Tim ahli kami akan membantu memahami kebutuhan Anda dan mengimplementasikan solusi yang tepat. Hubungi Satuplatform dan dapatkan FREE DEMO sekarang! Wujudkan bisnis yang berkelanjutan, berdaya saing, dan bertanggung jawab bersama Satuplatform.

Similar Article

5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…