Mengenal Global Reporting Initiative

Global Reporting Initiative (GRI) merupakan standar pelaporan keberlanjutan yang membantu perusahaan, pemerintah, dan organisasi menginformasikan dampak operasi mereka terhadap keberlanjutan.

Seiring dengan meningkatnya permintaan terkait informasi dampak lingkungan, ekonomi, dan sosial yang lebih transparan, laporan keberlanjutan pun menjadi semakin penting dan menjadi kebutuhan yang mendesak bagi perusahaan. Oleh karena itu, informasi dalam laporan keberlanjutan perlu disusun secara komprehensif dan transparan dengan format yang tepat. Baca Juga: Mengenal Bisnis Hijau: Apa dan Mengapa Penting?

Global Reporting Initiative Global Reporting Initiative

Pengertian Global Reporting Initiative

Global Reporting Initiative (GRI) dikenal sebagai organisasi independen internasional yang menyediakan kerangka kerja pelaporan keberlanjutan dengan standar yang telah diakui secara luas. Standar tersebut mencakup topik terkait ekonomi, lingkungan, dan sosial yang dilakukan perusahaan untuk dilaporkan kinerja dan dampak keberlanjutannya.

GRI didirikan pada tahun 1997 atas dasar kolaborasi antara United Nations Environment Programme (UNEP) dan The Coalition for Environmentally Responsible Economies (CERES). Setelah melewati berbagai persiapan, GRI kemudian menerbitkan rancangan pedoman pertamanya pada bulan Maret 1999. Baca Juga: Sustainability Report: Transparansi Membangun Kepercayaan

Kerangka laporan kerbelanjutan GRI dapat diimplementasikan untuk berbagai bentuk dan jenis organisasi di dunia. Ada tiga struktur standar pelaporan keberlanjutan oleh GRI

      1. GRI Universal Standards

    Standar Universal memberikan landasan bagi semua pelaporan GRI. Mereka mencakup topik-topik seperti tata kelola, strategi, dan pendekatan manajemen.

        1. GRI Sector Standards

      Standar Sektor berfokus pada peningkatan kualitas, kelengkapan, dan konsistensi yang dirancang untuk organisasi di sektor tertentu, beberapa diantaranya adalah pertanian, manufaktur, minyak dan gas, serta jasa keuangan.

          1. GRI Topic Standards

        Standar Topik memberikan panduan rinci mengenai topik tertentu, seperti perubahan iklim, hak asasi manusia, pengelolaan limbah, dan anti-korupsi.

        Fungsi Global Reporting Initiative

        Fokus utama GRI adalah menyediakan kerangka kerja untuk pelaporan keberlanjutan yang komprehensif dan transparan. Terdapat beberapa fungsi dari GRI yang berperan penting dalam membangun praktik pelaporan keberlanjutan yang efektif dan membantu membentuk budaya bisnis yang bertanggung jawab secara global.

        1. Membuat panduan kerangka kerja pelaporan
        2. Mendorong prinsip-prinsip transparansi
        3. Mengarahkan organisasi ke arah praktik-praktik terbaik dalam pelaporan keberlanjutan
        4. Memfasilitasi perbandingan kinerja untuk bahan evaluasi
        5. Mendorong inovasi untuk meningkatkan perbaikan berkelanjutan
        6. Menanggapi tantangan dan peluang global

        Manfaat Laporan Keberlanjutan oleh Global Reporting Initiative

        Hingga pada tahun 2023, standar pelaporan GRI telah digunakan oleh lebih dari 10.000 organisasi di lebih dari 100 negara. Penggunaan Standar GRI untuk pelaporan keberlanjutan dapat memberikan beberapa manfaat bagi organisasi, diantaranya:

        1. Meningkatkan transparansi dan kemudahan akses informasi yang membantu organisasi meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas
        2. Membantu membangun hubungan dan meningkatkan keterlibatan pemangku kepentingan
        3. Membantu perusahaan mengidentifikasi dan mengelola risiko keberlanjutan
        4. Meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi dampak lingkungan
        5. Menarik minat investor dan lembaga keuangan yang memperhatikan faktor keberlanjutan
        6. Sesuai dengan persyaratan peraturan dan standar global terkait pelaporan keberlanjutan
        7. Meningkatkan citra perusahaan di mata konsumen, pelanggan, dan masyarakat

        Melalui manfaat-manfaat ini, GRI berfungsi sebagai alat penting yang membantu organisasi dalam melaporkan, mengelola, dan meningkatkan kinerja keberlanjutan mereka, sekaligus memberikan kontribusi pada tujuan pembangunan berkelanjutan secara global.

        Your All-in-One Sustainability Platform

        Satuplatform hadir untuk mencapai tujuan keberlanjutan dengan menjadi yang terdepan sesuai regulasi yang berlaku. Satuplatform adalah platform all-in-one yang menyediakan solusi komprehensif untuk ESG Management, Carbon Accounting, dan Sustainability Reporting. Standar GRI menjadi salah satu standar pelaporan keberlanjutan yang kami gunakan dalam menyusun laporan.

        Dengan fitur-fitur Satuplatform, Anda dapat:

        1. Mengumpulkan dan menganalisis data ESG secara akurat dan efisien
        2. Melacak emisi karbon dan menetapkan target pengurangan emisi
        3. Menyusun laporan ESG yang memenuhi standar internasional dan nasional

        Satuplatform juga didukung oleh tim ahli yang berpengalaman di bidang keberlanjutan bisnis. Tim ahli kami akan membantu memahami kebutuhan Anda dan mengimplementasikan solusi yang tepat. Hubungi Satuplatform dan dapatkan FREE DEMO sekarang! Wujudkan bisnis yang berkelanjutan, berdaya saing, dan bertanggung jawab bersama Satuplatform.

        Similar Article

        5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

        Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…