Mengetahui Perbedaan ESG dan CSR

Beberapa dari kita masih belum mengetahui perbedaan antara ESG dan CSR. Kedua istilah tersebut telah menjadi topik hangat beberapa tahun ke belakang dan seringkali digunakan dalam konteks keberlanjutan dan tanggung jawab sosial perusahaan. Baca Juga: ESG: 3 Kriteria yang Harus Perusahaan Penuhi

Meskipun ESG (Environmental, Social, and Governance) dan CSR (Corporate Social Responsibility) memiliki keterkaitan dengan konsep sustainability dan dampak sosial, namun keduanya memiliki perbedaan dalam cakupan dan fokus. Sederhananya, CSR adalah kerangka keberlanjutan yang digunakan perusahaan, sementara ESG mengukur tingkat keberlanjutan dari perusahaan.

ESG dan CSR ESG dan CSR

Apa Itu ESG?

ESG mengacu pada kriteria yang digunakan untuk menilai dampak perusahaan terhadap tiga kriteria utama di dalamnya untuk menentukan investasi mereka pada suatu perusahaan. Tiga kriteria tersebut dianggap penting dalam mengevaluasi kinerja keberlanjutan dan tanggung jawab sosial perusahaan, diantaranya:

      1. Environmental (Lingkungan)

    Faktor-faktor terkait dampak lingkungan dari kegiatan perusahaan, seperti emisi karbon, manajemen limbah, dan keberlanjutan sumber daya alam.

        1. Social (Sosial)

      Aspek sosial yang mencakup hubungan dengan karyawan, hak asasi manusia, hubungan dengan masyarakat, dan dampak sosial positif perusahaan.

          1. Governance (Tata Kelola)

        Praktik tata kelola perusahaan, termasuk struktur dewan direksi, kebijakan etika, transparansi, dan akuntabilitas.

        ESG digunakan sebagai kerangka kerja untuk mengukur dan menilai kinerja keberlanjutan dan dampak sosial perusahaan secara lebih luas. Saat mengevaluasi investasi, banyak investor tidak hanya melihat metrik keuangan tradisional suatu perusahaan tetapi juga peringkat ESG-nya. 

        Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, ESG menjadi syarat penting yang menyumbang nilai penting investasi. Dikutip dari survei oleh Barnett Waddingham, respons terhadap peraturan dan persyaratan hukum yang terus berkembang merupakan pendorong nomor satu dalam mempertimbangkan ESG dalam keputusan dan implementasi investasi. 

        Apa Itu CSR?

        CSR mengacu pada tanggung jawab sosial perusahaan dan praktik-praktik bisnis yang memperhatikan dampaknya terhadap masyarakat, lingkungan, dan ekonomi. Semua aspek ini biasanya diringkas ke dalam satu pernyataan tujuan perusahaan.

        Dalam penerapannya, CSR tidak diatur secara eksternal dan hanya dirancang oleh badan internal saja. Kegiatan yang termasuk ke dalam CSR bisa dibilang sukarela dan dilakukan untuk masyarakat dan lingkungan, diantaranya seperti donasi amal, program keberlanjutan, kebijakan kerja yang adil, dan lain sebagainya. Baca Juga: Mengenal Corporate Social Responsibility

        Kerjasama Antara ESG dan CSR

        Perbedaan utama antara ESG dan CSR adalah bahwa ESG lebih bersifat evaluatif dan mengukur kinerja keberlanjutan secara holistik. Sementara CSR lebih merinci praktik konkrit yang dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan dampak positif pada lingkungan dan masyarakat.

        Meski begitu, perlu diingat bahwa kedua konsep ini sering kali terkait erat dan dapat saling melengkapi. Perusahaan yang mengintegrasikan baik ESG maupun CSR dalam strategi bisnis mereka dapat mencapai keberlanjutan yang lebih komprehensif dan berkelanjutan.

        Integrasi CSR dan ESG memungkinkan untuk menciptakan kerangka kerja yang holistik untuk menjalankan bisnis secara bertanggung jawab, membantu meningkatkan transparansi perusahaan, meningkatkan keterlibatan pemangku kepentingan, mendorong perusahaan menciptakan inovasi berkelanjutan, menciptakan nilai jangka panjang, serta berperan dalam merespon tantangan global.

        Your All-in-One Sustainability Platform

        Satuplatform hadir untuk mencapai tujuan keberlanjutan dengan menjadi yang terdepan sesuai regulasi yang berlaku. Satuplatform adalah platform all-in-one yang menyediakan solusi komprehensif untuk ESG Management, Carbon Accounting, dan Sustainability Reporting.

        Dengan fitur-fitur Satuplatform, Anda dapat:

        1. Mengumpulkan dan menganalisis data ESG secara akurat dan efisien
        2. Melacak emisi karbon dan menetapkan target pengurangan emisi
        3. Menyusun laporan ESG yang memenuhi standar internasional dan nasional

        Satuplatform juga didukung oleh tim ahli yang berpengalaman di bidang keberlanjutan bisnis. Tim ahli kami akan membantu memahami kebutuhan Anda dan mengimplementasikan solusi yang tepat. Hubungi Satuplatform dan dapatkan FREE DEMO sekarang! Wujudkan bisnis yang berkelanjutan, berdaya saing, dan bertanggung jawab bersama Satuplatform.

        Similar Article

        5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

        Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…