Merek Fashion Berkelanjutan dari Seluruh Dunia

Tren fashion berkelanjutan atau sustainable fashion adalah pergeseran dalam industri mode menuju praktik yang lebih ramah lingkungan dan bertanggung jawab secara sosial. Hadirnya fashion berkelanjutan menjadi bagian dari upaya dalam meminimalisir dampak buruk industri fashion bagi lingkungan.

Fashion Berkelanjutan Fashion Berkelanjutan

Sebagaimana dikutip dari World Bank, berdasarkan data oleh UNEP dan Ellen MacArthur Foundation, industri fashion disebut bertanggung jawab atas 10% emisi karbon global tahunan. Jumlah tersebut bisa melonjak jika perubahan tidak segera dilakukan. 

Oleh karena itu, fashion berkelanjutan hadir sebagai jawaban bagi konsumen yang kian menyadari pentingnya bersikap lebih ramah lingkungan. Berikut ini adalah beberapa merek fashion berkelanjutan dari seluruh dunia yang bisa menjadi inspirasi. Baca juga: Sustainable Business: Apa itu, Konsep, Faktor, dan Contoh

1. Wholesome Culture

Merek fashion asal Amerika Serikat yang menyediakan pakaian berbagai occasion hingga aksesorinya ini memiliki misi untuk menjadikan dunia tempat yang ramah dan berkelanjutan dengan pakaian ramah lingkungan mereka.

Desain pakaian mereka dicetak dengan tinta berbahan dasar air yang bebas bahan kimia berbahaya. Material yang digunakan dalam produk mereka dibuat dari 100% katun organik, bambu, dan material daur ulang. Begitu pun dengan kemasan pengirimannya.

Wholesome Culture mengklaim bahwa pakaian mereka dicetak sesuai pesanan, sedang kelebihannya didonasikan kepada organisasi setempat. Bekerja sama dengan pengrajin lokal di Bali, pakaian aktif ramah lingkungan terbaru mereka dibuat dari jaring ikan dan nilon daur ulang.

2. SAYE

Merek fashion asal Spanyol ini hadir dengan rangkaian produk pakaian, sepatu, hingga aksesorinya. Dalam upaya mengurangi jejak karbon, SAYE memanfaatkan benang ekologis dan pewarna alami yang diperoleh secara lokal dalam pembuatan pakaian mereka.

Bahan ramah lingkungan juga diterapkan dalam pembuatan sepatu kets, melibatkan material organik berbahan dasar alam, sisa Polyurethane (PU) daur ulang, hingga kulit bersertifikasi lingkungan. 

3. Stella McCartney

Merek fashion mewah asal Inggris ini turut mendukung fashion berkelanjutan dan menjadikannya paling ramah lingkungan di pasaran. 

Stella McCartney sejak lama memanfaatkan bahan alami dalam produknya, menggunakan pewarna bebas kimia berbahaya, dan memakai material daur ulang. Mereka juga menggunakan kapas organik yang berasal dari pertanian yang dikembangkan secara lokal. Diketahui, mereka juga turut serta dalam pelestarian lingkungan seperti melestarikan hutan yang terancam punah.

4. Sukkha Citta

Merek fashion berkelanjutan lainnya berasal dari Indonesia dan berdiri sejak 2016. Sukkha Citta dikenal sebagai merek yang menerapkan ethical fashion dan zero waste dalam identitasnya. Salah satunya dilakukan dengan mengolah kembali sisa-sisa kain menjadi produk berguna lainnya.

Mereka diketahui memberdayakan pengrajin daerah serta menerapkan pewarnaan yang 100% natural dye. Pewarna alami tersebut berasal dari buah-buahan. Tidak hanya itu, mereka juga mulai menanam sendiri kapas untuk material pakaiannya.

5. Osem

Merek fashion berkelanjutan lokal lainnya yakni Osem juga mengusung konsep zero waste dengan mengolah kembali sisa kain produksi melalui kegiatan upcycling.

Osem juga memanfaatkan pewarna alami dalam pakaian mereka. Tumbuhan bernama Indiogofera Tinctoria diketahui dapat menghasilkan warna biru yang natural. Menjadikanya lebih alami. Lebih dari itu, Osem turut mengedepankan fair trade dengan membayar upah pekerja sesuai standar kondisi kerja yang baik.

Your All-in-One Sustainability Platform

Satuplatform hadir untuk mencapai tujuan keberlanjutan dengan menjadi yang terdepan sesuai regulasi yang berlaku. Satuplatform adalah platform all-in-one yang menyediakan solusi komprehensif untuk ESG Management, Carbon Accounting, dan Sustainability Reporting.

Dengan fitur-fitur Satuplatform, Anda dapat:

  1. Mengumpulkan dan menganalisis data ESG secara akurat dan efisien
  2. Melacak emisi karbon dan menetapkan target pengurangan emisi
  3. Menyusun laporan ESG yang memenuhi standar internasional dan nasional

Satuplatform juga didukung oleh tim ahli yang berpengalaman di bidang keberlanjutan bisnis. Tim ahli kami akan membantu memahami kebutuhan Anda dan mengimplementasikan solusi yang tepat. Hubungi Satuplatform dan dapatkan FREE DEMO sekarang! Wujudkan bisnis yang berkelanjutan, berdaya saing, dan bertanggung jawab bersama Satuplatform.

Similar Article

5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…