Permakultur : Konsep Pertanian Berkelanjutan

Pengertian

Permakultur adalah suatu pendekatan dalam perancangan sistem pertanian yang berkelanjutan dengan menggunakan konsep ekologi dan prinsip-prinsip alam. Istilah permakultur berasal dari gabungan kata permanen dan agrikultur atau pertanian, yang menggambarkan konsep pertanian berkelanjutan yang dapat bertahan selama-lamanya. Dalam permakultur, semua elemen di dalam sistem saling berhubungan dan memberikan manfaat satu sama lain.

Permakultur - Satuplatform
Permakultur – Satuplatform

Sejarah

Permakultur dikembangkan pada tahun 1970-an oleh Bill Mollison dan David Holmgren. Dua ahli biologi asal Australia yang merasa kecewa dengan sistem pertanian konvensional yang merusak lingkungan dan tidak berkelanjutan. Mereka mengembangkan sistem pertanian berkelanjutan didasarkan pada prinsip-prinsip alamiah, yaitu observasi dan peniruan pola-pola alam dalam ekosistem.

Pada tahun 1978, mereka menerbitkan buku “Permaculture One” dan menjadi panduan awal para praktisi permakultur. Sejak itu, telah menyebar ke seluruh dunia dan menjadi gerakan global untuk mempromosikan sistem pertanian berkelanjutan yang ramah lingkungan dan berdaya tahan. Baca Juga : Green Building – Kriteria dan Manfaat

Prinsip Etik Permakultur

Terdapat tiga prinsip etik yang menjadi dasar dalam perancangan sistem, yaitu

  1. Perawatan bumi (earth care), mengacu pada tanggung jawab sebagai manusia untuk menjaga dan memperbaiki lingkungan alam.
  2. Perawatan manusia (people care), mengacu pada pentingnya menjaga kesejahteraan manusia dan menciptakan masyarakat yang berkelanjutan.
  3. Pembagian surplus (fair share), mengacu pada konsep berbagi sumber daya dan surplus dengan cara yang adil.

Langkah Melakukan Permakultur

  1. Memahami prinsip-prinsip permakultur dan mempelajari bagaimana mengaplikasikan prinsip-prinsip tersebut dalam perancangan sistem.
  2. Membuat perencanaan perancangan sistem dan menentukan elemen-elemen yang akan digunakan dalam sistem.
  3. Memilih jenis tanaman dan hewan yang cocok untuk lingkungan dan kondisi tempat tinggal.
  4. Membangun sistem yang berkelanjutan dan memperhatikan interaksi antara elemen-elemen di dalamnya.

Fungsi Permakultur

Fungsinya adalah menciptakan sistem pertanian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Sistem ini menghasilkan makanan yang sehat dan bergizi, juga menjaga lingkungan dan menciptakan keberlanjutan ekonomi dan sosial. Baca Juga : Memahami Jejak Karbon

Your All-in-One Sustainability Platform

Satuplatform hadir untuk mencapai tujuan keberlanjutan dengan menjadi yang terdepan sesuai regulasi yang berlaku. Satuplatform adalah platform all-in-one yang menyediakan solusi komprehensif untuk ESG management, carbon accounting, dan sustainability reporting.

Dengan fitur-fitur Satuplatform, Anda dapat:

  1. Mengumpulkan dan menganalisis data ESG secara akurat dan efisien
  2. Melacak emisi karbon dan menetapkan target pengurangan emisi
  3. Menyusun laporan ESG yang memenuhi standar internasional dan nasional

Satuplatform juga didukung oleh tim ahli yang berpengalaman di bidang keberlanjutan bisnis. Tim ahli kami akan membantu memahami kebutuhan Anda dan mengimplementasikan solusi yang tepat. Hubungi Satuplatform dan dapatkan FREE DEMO sekarang! Wujudkan bisnis yang berkelanjutan, berdaya saing, dan bertanggung jawab bersama Satuplatform.

Similar Article

5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…