Selebriti Dunia Ini Disebut Punya Jejak Emisi Jet Pribadi Terburuk

Taylor Swift, Kylie Jenner, dan beberapa artis dunia lainnya menghadapi kritik atas penggunaan jet pribadi mereka yang disebut memperburuk konsentrasi emisi CO2 di lingkungan. Baca juga: Emisi Karbon dari Industri Penerbangan

emisi jet pribadi
We are Yard (2022)

Hal ini berdasarkan daftar yang dikeluarkan oleh We Are Yard dan Celebrity Jets yang mengukur penerbangan yang dilakukan masing-masing selebriti serta menghitung data waktu rata-rata penerbangan, jarak tempuh dan data lain yang dibutuhkan.

Meskipun jumlah pesawat jet pribadi jauh lebih sedikit dibandingkan dengan pesawat komersial, emisi dari pesawat jet pribadi tetap menjadi perhatian karena dampaknya terhadap lingkungan. 

Dikutip dari CBS News, berdasarkan data dari situs National Center for Biotechnology Information, jumlah penerbangan pribadi mencapai rekor tertinggi pada tahun 2022, menyebabkan peningkatan emisi karbon yang mengkhawatirkan.

Perjalanan pribadi nan ekslusif yang dilakukan beberapa artis dunia tersebut dianggap sebagai bentuk ketidakpedulian terhadap bumi. 

Bagaimana Jet Pribadi Meningkatkan Jejak Emisi?

Pesawat jet pribadi dapat menghasilkan emisi gas rumah kaca seperti karbon dioksida (CO2), nitrogen oksida (NOx), uap air, dan partikel kecil. 

Sebuah studi oleh Institute for Policy Studies tahun 2023 menemukan bahwa jet pribadi mengeluarkan setidaknya 10 kali lebih banyak polutan per penumpang dibandingkan dengan pesawat komersial. 

Hal tersebut mungkin terjadi karena pesawat ini sering kali tidak sepenuhnya dimuat dan tidak terjadwal dengan efisien seperti penerbangan komersial. Jejak emisi karbon dihitung secara personal tergantung siapa yang menggunakan.

Oleh karena itu, didorong adanya penerapan pajak karbon atau regulasi yang lebih ketat terhadap emisi penerbangan, termasuk emisi dari pesawat jet pribadi. Bertujuan untuk mendorong penggunaan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan dan mengurangi emisi secara keseluruhan. Baca juga: Inovasi Berkelanjutan untuk Emisi Karbon Sektor Penerbangan

Siapa Saja yang Masuk Dalam Daftar?

Dikutip dari We Are Yard, pada 2022, berikut ini adalah 5 selebriti dunia yang dianggap menghasilkan banyak emisi gas rumah kaca dari aktivitas jet pribadinya.

  1. Taylor Swift

Penelitian dari Yard menemukan bahwa penyanyi internasional asal Tenessee ini telah melakukan sebanyak 170 perjalanan selama semester satu tahun 2022. Total penerbangannya menempuh waktu 22.923 menit di udara.

Dari total penerbangan tersebut, didapatkan total emisi mencapai 8.293,54 ton CO2e. Angka tersebut 1.184,8 kali lebih besar dari total emisi tahunan rata-rata orang.

Penerbangan terpendek Taylor yang tercatat pada tahun 2022 hanya 36 menit , terbang dari Missouri ke Nashville.

  1. Floyd Mayweather

Legenda tinju dunia ini disebut mengeluarkan sebanyak 7.076,8 ton CO2e dari jet pribadinya selama semester pertama tahun 2022. Angka tersebut 1.011 kali lebih banyak dari rata-rata orang setiap tahunnya.

Mayweather tercatat telah melakukan 177 penerbangan dengan rata-rata 25 penerbangan dalam satu bulan. Penerbangan terpendek yang dicatat Mayweather hanya 10 menit, mendarat di Las Vegas

  1. Jay-Z

Rapper dan suami dari Beyonce ini disebut telah mengeluarkan mengeluarkan 6.981,3 ton CO2e. Jumlah tersebut 997,3 kali lebih banyak dibandingkan rata-rata emisi tahunan manusia. 

Tercatat bahwa Jay-Z melakukan sebanyak 136 penerbangan dengan total waktu penerbangan adalah 19.296 menit. Ini termasuk perjalanan 35 menit dari New Jersey ke Boston dan penerbangan 29 menit dari North Carolina ke Ohio.  

  1. A-Rod

Pemain baseball ini disebut telah menghasilkan 5.342,7 ton CO2e dari jet pribadinya. Angka tersebut 763,24 kali lebih banyak emisi dibandingkan rata-rata yang dihasilkan orang dalam setahun.

Sejak Januari, jet A-Rod telah melakukan 106 penerbangan dengan rata-rata menghabiskan 80 menit di udara. Penerbangan terpendeknya adalah dalam waktu 34 menit.

  1. Blake Shelton

Penyanyi musik country Amerika ini telah melakukan 111 penerbangan dengan jet pribadinya dengan 12,424 menit dihabiskan di udara.

Sejauh ini, jet Blake telah mengeluarkan 4.495 ton CO2e, 642 kali lebih banyak dari rata-rata yang dihasilkan manusia dalam satu tahun penuh.

Penerbangan tersebut mencakup perjalanan 38 menit dari Texas ke Oklahoma dan penerbangan 27 menit dari Bandara Van Nuys di LA, California, ke Bandara San Diego, juga di California.  

Your All-in-One Sustainability Platform

Satuplatform hadir untuk mencapai tujuan keberlanjutan dengan menjadi yang terdepan sesuai regulasi yang berlaku. Satuplatform adalah platform all-in-one yang menyediakan solusi komprehensif untuk ESG Management, Carbon Accounting, dan Sustainability Reporting.

Dengan fitur-fitur Satuplatform, Anda dapat:

  1. Mengumpulkan dan menganalisis data ESG secara akurat dan efisien
  2. Melacak emisi karbon dan menetapkan target pengurangan emisi
  3. Menyusun laporan ESG yang memenuhi standar internasional dan nasional

Satuplatform juga didukung oleh tim ahli yang berpengalaman di bidang keberlanjutan bisnis. Tim ahli kami akan membantu memahami kebutuhan Anda dan mengimplementasikan solusi yang tepat. Hubungi Satuplatform dan dapatkan FREE DEMO sekarang! Wujudkan bisnis yang berkelanjutan, berdaya saing, dan bertanggung jawab bersama Satuplatform.

Similar Article

5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…