Tantangan Utama dalam Menyiapkan Laporan Keberlanjutan

Sustainability report atau laporan keberlanjutan merupakan salah satu instrumen pelaporan khusus yang kehadirannya saat ini begitu dibutuhkan, terutama bagi perusahaan. Hal ini selaras dengan meningkatnya pemahaman masyarakat terhadap praktik berkelanjutan, hadirnya laporan ini dapat menciptakan beragam citra positif bagi mereka.

Laporan ini membahas praktik bisnis berkelanjutan, pencapaian tujuan keberlanjutan, serta langkah-langkah yang diambil untuk mengatasi tantangan dan memperbaiki dampak negatif yang mungkin terjadi pada lingkungan, ekonomi, dan sosial dari kegiatan operasional mereka. Baca Juga: Sustainability Report: Transparansi Membangun Kepercayaan

Sustainability report penting bukan hanya karena memungkinkan perusahaan mengidentifikasi risiko dan peluang yang mungkin berdampak pada kinerja jangka panjang, namun juga karena dapat membantu meningkatkan transparansi dan meningkatkan citra merek. Sustainability report yang transparan dan kredibel juga dapat membantu menarik minat investor untuk berinvestasi.

Laporan Keberlanjutan Laporan Keberlanjutan

Tantangan dalam Menyiapkan Sustainability Report

Menyiapkan laporan keberlanjutan bisa menjadi tantangan, mengingat terdapat berbagai aspek yang perlu dipersiapkan. Beberapa tantangan umum yang dihadapi dalam proses penyusunan laporan keberlanjutan melibatkan kompleksitas, transparasi, hingga pengukuran dampak. Baca Juga: Menilik Sejarah Sustainability Report

1. Kerumitan Data dan Pengukuran

Merupakan tugas yang kompleks untuk dapat mengumpulkan data yang akurat dan relevan mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan untuk dimasukkan ke dalam laporan. Perusahaan perlu mengembangkan metode pengukuran yang efektif untuk dapat mengatasi indikator yang sulit diukur secara kuantitatif.

2. Konsistensi dan Standardisasi

Saat ini terdapat beberapa kerangka kerja yang telah menjadi standar dalam menyusun laporan keberlanjutan, salah satunya yang dikembangkan oleh The Global Reporting Initiative (GRI). Namun, inkonsistensi seringkali menjadi tantangan dalam mengimplementasikan data ke dalam laporan.

3. Kompleksitas dan Keterbatasan

Dibutuhkan investasi, waktu, tenaga, dan sumber daya keuangan untuk dapat mengumpulkan, mengelola, dan melaporkan dampak keberlanjutan dari seluruh data rantai pasokan yang kompleks sehingga dapat diterjemahkan dan dimengerti dengan baik.

4. Pengukuran Dampak Sosial

Mengukur dampak sosial yang dilakukan perusahaan, seperti kontribusi terhadap masyarakat sekitar atau kesejahteraan karyawan bisa menjadi sulit dilakukan mengingat perlu dilakukan secara objektif.

5. Tuntutan Peraturan yang Berubah

Peraturan pelaporan keberlanjutan bisa saja mengalami perubahan atau pembaharuan. Menyebabkan perusahaan perlu beradaptasi dan memastikan kepatuhan mereka dengan standar dan persyaratan yang berlaku.

Meskipun banyak tantangan yang dihadapi, menyusun laporan keberlanjutan juga memberikan peluang untuk meningkatkan praktik bisnis dan membangun hubungan yang lebih baik dengan pemangku kepentingan.

Mulai Menyiapkan Laporan Keberlanjutan

Menyiapkan laporan keberlanjutan melibatkan serangkaian langkah dan proses yang sistematis. Penyusunan laporan keberlanjutan memerlukan kerja sama antara berbagai departemen dalam organisasi dan memerlukan pendekatan yang terstruktur serta komitmen pada transparansi dan tanggung jawab keberlanjutan.

Anda bisa mulai dengan menentukan tujuan dan sasaran yang jelas dan selaras dengan strategi keberlanjutan perusahaan, mengidentifikasi dan melibatkan pemangku kepentingan yang relevan, memilih pedoman pelaporan yang sesuai di antara GRI, SASB, atau ISO 26000 untuk perusahaan anda, mulai mengumpulkan dan menganalisis data yang diperlukan dalam laporan, memperkuat statement dari pemangku kepentingan, dan seterusnya hingga akhirnya laporan siap diterbitkan dengan percaya diri.

Namun, semua itu dapat Anda lakukan dengan lebih mudah bersama Satuplatform, sebuah platform all-in-one yang menyediakan solusi komprehensif untuk ESG Management, Carbon Accounting, dan Sustainability Reporting. 

Dengan fitur-fitur Satuplatform, Anda dapat:

  1. Mengumpulkan dan menganalisis data ESG secara akurat dan efisien
  2. Melacak emisi karbon dan menetapkan target pengurangan emisi
  3. Menyusun laporan ESG yang memenuhi standar internasional dan nasional

Satuplatform juga didukung oleh tim ahli yang berpengalaman di bidang keberlanjutan bisnis. Tim ahli kami akan membantu memahami kebutuhan Anda dan mengimplementasikan solusi yang tepat. Hubungi Satuplatform dan dapatkan FREE DEMO sekarang! Wujudkan bisnis yang berkelanjutan, berdaya saing, dan bertanggung jawab bersama Satuplatform.

Similar Article

5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…