Terapkan Pengelolaan Sampah Domestik Di Perusahaan

Sampah Domestik – Satuplatform

Sampah domestik atau juga dikenal dengan sampah rumah tangga. Menurut PP Nomor 81 Tahun 2012, merupakan suatu zat atau bahan buangan yang berasal dari kegiatan sehari-hari yang bersumber dari kawasan rumah tangga, komersil, pendidikan, budidaya dan fasilitas masyarakat. 

Dalam pelaksanaan pengelolaan sampah domestik di perusahaan diperlukan beberapa hal, yaitu:

Tempat Penampungan Sampah Domestik Sementara 

Tempat Penampungan Sementara (TPS) adalah tempat penampungan sebelum sampah domestik diangkut ke tempat pendauran ulang, pengolahan, Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST), Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R), hingga TPA. Dalam penyediaan TPS harus memenuhi kriteria teknis sebagai berikut: 

  1. Luas TPS sampai dengan 200 m2; 
  2. Tersedia sarana untuk mengelompokkan sampah menjadi paling sedikit 5 (lima) jenis sampah (sampah organik, non-organik, kertas, B3, dan residu);
  3. Jenis pembangunan penampung sampah sementara bukan merupakan wadah permanen;
  4.  Luas lokasi dan kapasitas sesuai kebutuhan;
  5.  Lokasinya mudah diakses;
  6.  Tidak mencemari lingkungan;
  7.  Penempatan tidak mengganggu estetika dan lalu lintas; dan
  8.  Memiliki jadwal pengumpulan dan pengangkutan.

Pemilahan Sampah Domestik

Dalam pemilahan sampah dilakukan sesuai dengan jenis sampah yang dihasilkan. Berikut adalah jenis sampah domestik berdasarkan wujudnya. 

Sampah Cair

Merupakan sampah berwujud cair yang sifatnya selalu berpindah mengikuti suatu ruang dan berasal dari kegiatan sehari-hari. Dengan sifat yang mudah terlarut menyebabkan pengelolaan perlu dilakukan sejak dini untuk menghindari adanya kerusakan lingkungan lebih cepat.

Sampah Padat

  1. Organik

Limbah padat ini memiliki sifat yang mudah terurai oleh mikroorganisme dimana wujudnya dapat berubah bentuk atau keras. Kandungannya ini biasanya berasal dari bahan-bahan biologis yang terdapat unsur karbon (C) dalam bentuk karbohidrat sehingga rantai senyawa pada limbah ini tidak terlalu kompleks. 

  1. Anorganik

Memiliki sifat yang sulit terurai sehingga membutuhkan waktu hingga berpuluh-puluh hingga ratusan tahun. Hal tersebut disebabkan karena rantai senyawanya yang kompleks dan cenderung tidak memiliki unsur karbon di dalamnya.

  1. Berbahaya dan Beracun

Secara umum limbah jenis ini dihasilkan dari industri, terdiri dari berbagai jenis sampah yang berbahaya dan beracun sehingga dibutuhkan penanganan khusus dalam pengelolaannya. Contohnya seperti masker, jarum suntik, dan kain kasa, dan obat-obatan kedaluwarsa.

Kelola Sampah Domestik Dengan Prinsip 3R

Prinsip 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) dalam pengolahan sampah adalah urutan langkah yang diperlukan untuk memastikan pengelolaan sampah yang baik. Tujuan prinsip 3R adalah untuk mengurangi atau mencegah produksi sampah lebih awal. Baca Juga : Faktor Penerapan Sustainable Business

Reduce

Pada prinsip Reduce adalah mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan. Menurut United States Environmental Protection Agency, manfaat yang dapat diperoleh dari reduce antara lain:

  • Mengurangi timbulan sampah sejak awal
  • Pencegahan pencemaran lingkungan (air, tanah, dan udara) yang disebabkan dari penanganan sampah yang tidak tepat
  • Menghemat energi
  • Mengurangi emisi gas rumah kaca 

Reuse

Tahap kedua prinsip Reuse adalah menggunakan atau memanfaatkan kembali produk yang akan dibuang. Manfaat dari Reuse antara lain:

  • Mengurangi timbulan sampah sejak awal
  • Mengurangi pengeluaran
  • Menghias rumah atau halaman
  • Melatih kreativitas

Recycle

Pilihan terakhir dari penanganan sampah yaitu prinsip Recycle, yang berarti mendaur ulang. Daur ulang adalah proses mengubah sampah menjadi produk baru yang bernilai ekonomis dan estetik. Hasil daur ulang sampah dapat berupa produk akhir atau bahan baku.

Penerapan Recycle memiliki berbagai manfaat yaitu:

  • Mewujudkan sirkuler ekonomi dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia
  • Menambah nilai ekonomis produk
  • Menambah penghasilan masyarakat
  • Menciptakan lapangan pekerjaan
  • Efisiensi penggunaan sumber daya dan energi

Your All-in-One Sustainability Platform

Satuplatform hadir untuk mencapai tujuan keberlanjutan dengan menjadi yang terdepan sesuai regulasi yang berlaku. Satuplatform adalah platform all-in-one yang menyediakan solusi komprehensif untuk ESG management, carbon accounting, dan sustainability reporting.

Dengan fitur-fitur Satuplatform, Anda dapat:

  1. Mengumpulkan dan menganalisis data ESG secara akurat dan efisien
  2. Melacak emisi karbon dan menetapkan target pengurangan emisi
  3. Menyusun laporan ESG yang memenuhi standar internasional dan nasional

Satuplatform juga didukung oleh tim ahli yang berpengalaman di bidang keberlanjutan bisnis. Tim ahli kami akan membantu memahami kebutuhan Anda dan mengimplementasikan solusi yang tepat. Hubungi Satuplatform dan dapatkan FREE DEMO sekarang! Wujudkan bisnis yang berkelanjutan, berdaya saing, dan bertanggung jawab bersama Satuplatform.

Similar Article

5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…