4 Cara Tepat Kurangi Jejak Karbon Pribadi

Membeli pakaian baru, mengendarai mobil atau motor, atau menyalakan pendingin udara, seluruh aktivitas manusia nyatanya meninggalkan jejak karbon dan emisi gas rumah kaca (GRK) pribadi. Termasuk gas-gas seperti karbon dioksida, metana (CH4), klorofluorokarbon (CFC), dan lainnya. Baca juga: 3 Kegiatan yang Tanpa Disadari Menghasilkan Jejak Karbon

Jika seluruh dunia terus berupaya mengurangi jejak karbon demi mencegah perubahan iklim semakin parah, Anda juga bisa turut berkontribusi mulai dari diri sendiri. Perubahan kecil yang Anda lakukan setiap hari punya dampak yang baik untuk masa depan bumi.

Mengurangi jejak karbon berarti mengubah cara Anda melakukan pendekatan dan berpartisipasi dalam aktivitas yang menghasilkan gas rumah kaca. Untuk mengurangi jejak karbon pribadi, Anda dapat mengambil langkah-langkah praktis dan berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari. Baca juga: Jejak Karbon : Cara Perhitungan dalam Perusahaan

1. Mengurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi

Berkendara dengan mobil/motor pribadi merupakan sumber utama gas rumah kaca. Menurut data dari European Environment Agency (EEA)  seseorang yang berkendara dengan mobil pribadi dapat meninggalkan jejak karbon sekitar 104 sampai 158 g of CO2 per km. 

Untuk itu, mengurangi penggunaan mobil/motor pribadi dan lebih banyak memanfaatkan transportasi umum dapat menghindarkan Anda dari menghasilkan emisi karbon tinggi. Bisa juga dengan berjalan kaki atau bersepeda ketika tujuan memiliki jarak yang lebih pendek. Manfaatkan juga kendaraan listrik jika memungkinkan.

2. Mengurangi Konsumsi Energi dan Air

Semakin banyak energi listrik digunakan, semakin besar emisi yang bisa dihasilkan. Begitu juga dengan air, sebagaimana dikutip dari BBC, keran dapur yang bocor dapat menyebabkan sekitar 157kg CO2 dilepaskan per tahunnya.

Hemat energi dengan mematikan peralatan listrik saat tidak digunakan, menggunakan lampu LED yang hemat energi, memasang panel surya, dan mengurangi penggunaan AC dan pemanas secara berlebihan. Selain itu, gunakan air secara hemat dengan memperbaiki keran yang bocor, menggunakan shower yang hemat air, dan mengurangi waktu mandi yang panjang.

3. Bijak Mengelola Sampah

Sisa konsumsi Anda tanpa disadari juga dapat meninggalkan jejak karbon. Menurut Aliansi Zero Waste Indonesia (AZWI), sektor pengelolaan sampah menyumbang sekitar 3,3% emisi gas rumah kaca global dan menjadi penyumbang emisi gas metana terbesar kelima di antara sektor lainnya.

Emisi tersebut disumbang dari sampah-sampah yang menumpuk dan tidak terpilah bahkan tidak terkelola. Oleh karena itu, perbaikan kebiasaan dalam mengelola sampah seperti mengurangi pemakaian plastik, memilah sampah, daur ulang dan kompos dapat memotong emisi hingga 1.4 juta ton.

4. Pilih Produk Berkelanjutan

Produk-produk dengan label berkelanjutan, seperti sertifikasi organik, Fair Trade, atau produk-produk yang menggunakan bahan daur ulang dapat menjadi pilihan dalam upaya mengurangi jejak karbon pribadi.

Selain itu, kurangi konsumsi daging dan produk hewani yang menyumbang emisi gas rumah kaca tinggi. Pilih makanan lokal, musiman, dan organik untuk mengurangi jejak karbon dari produksi dan transportasi makanan.

Mengurangi jejak karbon pribadi membutuhkan komitmen dan tindakan nyata dari setiap individu. Dengan mengambil langkah-langkah ini, Anda dapat berkontribusi pada perlindungan lingkungan dan membangun gaya hidup yang lebih berkelanjutan.

Your All-in-One Sustainability Platform

Satuplatform hadir untuk mencapai tujuan keberlanjutan dengan menjadi yang terdepan sesuai regulasi yang berlaku. Satuplatform adalah platform all-in-one yang menyediakan solusi komprehensif untuk ESG Management, Carbon Accounting, dan Sustainability Reporting.

Dengan fitur-fitur Satuplatform, Anda dapat:

  1. Mengumpulkan dan menganalisis data ESG secara akurat dan efisien
  2. Melacak emisi karbon dan menetapkan target pengurangan emisi
  3. Menyusun laporan ESG yang memenuhi standar internasional dan nasional

Satuplatform juga didukung oleh tim ahli yang berpengalaman di bidang keberlanjutan bisnis. Tim ahli kami akan membantu memahami kebutuhan Anda dan mengimplementasikan solusi yang tepat. Hubungi Satuplatform dan dapatkan FREE DEMO sekarang! Wujudkan bisnis yang berkelanjutan, berdaya saing, dan bertanggung jawab bersama Satuplatform.

Similar Article

5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…