Sustainable Business dan 5 Pelatihan Online

Apa itu Sustainable Business?

Sustainable business atau bisnis berkelanjutan merupakan bisnis yang mampu memberikan manfaat, tidak hanya dalam hal profit tetapi juga secara sosial dan lingkungan. Baca Juga: Tantangan dan Peluang Etika Bisnis Ramah Lingkungan

Saat ini, sustainable business atau bisnis berkelanjutan menjadi sebuah konsep yang didorong untuk dapat diterapkan secara luas. Sebagaimana pelaku usaha diharapkan dapat berkontribusi menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitarnya, sehingga dapat mencegah krisis iklim yang terus terjadi.

Konsep keberlanjutan dalam bisnis juga semakin diminati oleh konsumen serta pemangku kepentingan lainnya. Konsep ini diyakini berperan meningkatkan kredibilitas bisnis dan kepercayaan konsumen.

Sustainable Business

Pelatihan Online untuk Memulai Sustainable Business

Lalu bagaimana menerapkannya? Bagaimana pelaku usaha dapat memulai menerapkan konsep sustainable dalam usaha mereka?

Sebagaimana dikutip dari Future Learn, berikut ini adalah sejumlah online course atau pelatihan online yang dapat dimanfaatkan untuk membantu Anda memahami prinsip sustainable dan menerapkannya ke dalam usaha untuk menjalankan sustainable business. Baca Juga: Begini Etika Bisnis Bertanggungjawab Terhadap Lingkungan

1. Climate Change: Transforming your Organisation for Sustainability Microcredential by The Open University

Kita mengetahui bahwa perubahan iklim merupakan sebuah tantangan besar lingkungan yang saat ini perlu dihadapi manusia.

Masyarakat dunia berperan penting dalam mengatasi hal tersebut. Begitu juga pelaku bisnis yang diharapkan dapat mulai memahami penyebab dan konsekuensi dari bisnis mereka lalu mengambil tindakan untuk mencegah peningkatan krisis iklim. Seperti mengatasi masalah gas rumah kaca, pencemaran laut, dan sebagainya.

Oleh karena itu, pelatihan berjudul Climate Change: Transforming your Organisation for Sustainability Microcredential oleh The Open University ini akan memberikan Anda keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam mengubah organisasi, bisnis, atau perusahan ke arah yang lebih berkelanjutan.

Anda akan belajar tentang bagaimana organisasi Anda berkontribusi dalam agenda keberlanjutan, merancang rencana aksi keberlanjutan, serta mengembangkan pemikiran kritis dan keterampilan kepemimpinan yang diperlukan untuk membuat perubahan nyata.

2. Building a Sustainable Future with Technology by UAL: Creative Computing Institute and Feminist Internet

Kemajuan teknologi, selain dapat memberikan manfaat juga tanpa disadari punya dampak yang besar terhadap lingkungan. Terlebih jika penggunaannya tidak dilakukan secara berkelanjutan.

Namun, ada hal-hal yang bisa dihindari agar penggunaan teknologi tidak memberikan menimbulkan kerugian. Seperti memanfaatkan teknologi dalam hal memitigiasi bencana alam dan dampak perubahan iklim.

Dalam pelatihan ini, Anda akan belajar mengenai pendekatan berkelanjutan terhadap teknologi untuk membantu bisnis Anda mengurangi dampaknya ke lingkungan. Juga belajar memahami bagaimana teknologi berperan dalam kehidupan manusia juga lingkungan alam sekitar.

Untuk membantu menerapkan keberlanjutan dalam kehidupan sehari-hari, Anda akan mempelajari berbagai praktik keberlanjutan untuk mengetahui mana yang memenuhi kebutuhan. Serta mempertimbangkan bagaimana Anda hidup dengan teknologi dan bereksperimen dengan proyek kreatif Anda sendiri.

3. Communicating Climate Change for Effective Climate Action by the University of Glasgow

Meskipun sudah banyak yang sadar akan kondisi perubahan iklim saat ini, masih banyak juga pihak-pihak yang belum paham bahkan tau apa yang sedang terjadi. 

Oleh karena itu, perlu cara komunikasi yang tepat dan efektif agar penyampaian informasi terkait perubahan iklim dapat dipahami dengan jelas sehingga dapat timbul kesadaran dan tindakan pencegahan oleh banyak orang.

Pemahaman bahwa siapapun dapat membuat perubahan dapat menginsiprasi orang-orang untuk turut serta dalam perjuangan melawan perubahan iklim. Melalui pelatihan ini, Anda akan belajar lebih tentang komunikasi terkait perubahan iklim. Membantu Anda memahami tantangan yang seringkali muncul dalam penyampaian pesan dan informasi di topik ini.

Dari memahami peran emosi dalam komunikasi perubahan iklim hingga menggunakan cara bercerita untuk melibatkan masyarakat, kursus ini akan memberi Anda keterampilan dan pengetahuan yang Anda perlukan untuk meningkatkan keterlibatan dalam aksi iklim.

4. Environmental Entrepreneurs: Strategies for Green Business by the Adam Smith Centre

Tidak hanya berfokus menghasilkan keuntungan, pelaku usaha diyakini punya peran yang besar dalam membuat perubahan. Salah satunya ialah melawan krisis iklim.

Saat ini, telah banyak bisnis yang turut melibatkan keberlanjutan dalam bisnisnya. Berupaya meminimalisir dampak negatif sembari menciptakan dampak positif bagi lingkunga. Didorong inovasi dan penerapan model bisnis keberlanjutan.

Jika Anda tertarik menjadi salah satunya, Anda dapat memanfaatkan pelatihan ini untuk belajar tentang inovasi kewirausahaan, bagaimana menerapkan prinsip-prinsip teoritis kewirausahaan terhadap masalah lingkungan, dan mengidentifikasi karakteristik kewirausahaan lingkungan yang efektif.

5. Tackling Climate Change: Sustainable Business Models for a Circular Economy by the University of Glasgow

Ekonomi sirkular tengah naik daun saat ini. Model bisnis yang bertujuan meminimalkan kerusakan sosial dan lingkungan ini menjadi opsi yang tepat dalam menjalankan sebuah bisnis yang berkelanjutan.

Melalui model bisnis ekonomi sirkular, bisnis bekerja secara tertutup dan berfokus pada bahan-bahan yang digunakan kembali dan didaur ulang. Pendekatan ini bertujuan untuk mengurangi limbah, melestarikan sumber daya, dan menghasilkan lebih sedikit polusi. 

Melalui pelatihan ini, Anda akan mendapatkan pengenalan yang kuat tentang konsep ekonomi sirkular dan mengeksplorasi bagaimana bisnis dapat bertransisi ke model ini. Anda juga akan mempelajari manfaat dan tantangan yang terkait dengan ekonomi sirkular, dan cara menilai apakah pendekatan ini tepat untuk bisnis Anda. 

Bagaimana, tertarik mempelajari lebih dalam dan menerapkannya ke dalam bisnis Anda?

Industri Anda juga dapat berkontribusi dalam upaya mitigasi ancaman lingkungan dan perubahan iklim dengan melakukan pengukuran emisi yang dihasilkan dan menciptakan solusi dari data-data tersebut. Miliki pencatatan dan pelacakan yang layak dan komprehensif dengan memanfaatkan platform all-in-one dari Satuplatform. Dapatkan DEMO GRATIS nya di sini!.

Similar Article

5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…