5 Perusahaan yang Mendorong Kemitraan Bisnis yang Berkelanjutan

Bisnis Berkelanjutan – Aktivitas bisnis di era globalisasi saat ini berjalan dengan pesat dalam berbagai sektor. Setiap bisnis atau perusahaan memiliki perannya masing-masing dalam kehidupan manusia di bumi. Namun demikian, tidak jarang operasional bisnis memberikan dampak yang kurang menyenangkan bagi lingkungan. Seperti dari segi pengelolaan sampah yang kurang optimal maupun gas emisi yang memperparah perubahan iklim.

Baca Juga: 5 Perusahaan yang Sukses Terapkan Komitmen ESG

dekarbonisasi

Dalam kondisi lingkungan hijau yang semakin mengkhawatirkan, mulai bermunculan perusahaan yang fokus pada inisiatif ESG dan memperhitungkan kemitraan bisnis yang berkelanjutan. Mari simak, 5 perusahaan berikut yang mendorong kemitraan bisnis dengan wawasan lingkungan yang berkelanjutan!

1. Bisnis Berkelanjutan: PT Sinar Mas Agro Resources and Technology

PT Sinar Mas Agro Resources and Technology atau PT Smart Tbk adalah perusahaan publik berbasis kelapa sawit dengan memilik lebih dari 130.000 Hektar Perkebunan Kelapa Sawit (Termasuk Plasma). Aktivitas utama dari perusahaan tersebut yaitu penanaman dan pemanenan pohon kelapa sawit untuk dijadikan minyak dan pemrosesan untuk memperoleh CPO (Crude Palm Oil).   

Menyadari bahwa aktivitas bisnisnya sangat bersentuhan dengan hasil alam, PT Smart Tbk memiliki inisiasi kemitraan bisnis yang berkelanjutan. Kemitraan tersebut dijalankan dengan bekerja sama bersama para petani lokal dalam hal budidaya kelapa sawit yang berkualitas. Kemitraan tersebut didukung pula oleh mitra teknologi PT Smart Tbk yaitu Koltiva, untuk mengembangkan platform teknologi yang membantu para pekerja di Pabrik Kelapa Sawit (PKS)

2. Bisnis Berkelanjutan: PT Jasa Marga

Telah berdiri sejak tahun 1978, PT Jasa Marga saat ini menjadi salah satu perusahaan yang memegang peranan penting di Indonesia. Telah menjadi salah satu perusahaan terbesar yang bergerak pada pengembangan dan operator jalan tol, PT Jasa Marga juga merupakan perusahaan yang peduli pada keberlanjutan lingkungan. 

PT Jasa Marga memiliki program kemitraan dan bina lingkungan yang secara kontinyu dijalankan demi mendukung fokus bisnis berkelanjutan yang bermanfaat bagi seluruh pihak. Salah satu program binaan PT Jasa Marga adalah Dukung Binaan Klengkeng Crystal di Desa Wijimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta. Pada program binaan ini, PT Jasa Marga membantu sejumlah 42 para petani kebun yang masih berada di bawah garis penghasilan rendah, untuk belajar mengelola kebun seluas 2 hektare. Tujuan dari program kemitraan bisnis berbasis binaan ini adalah agar petani dapat mengatur masa panen, menentukan harga jual, mengelola wisata dan menjalin kemitraan dengan pihak luar.

3. Bisnis Berkelanjutan: Schneider Electric

Perusahaan berikutnya yang berupaya untuk mendorong bisnis yang berkelanjutan adalah Schneider Electric. Perusahaan yang awalnya didirikan di Prancis ini, kini telah memiliki pabrik di 3 kota di Indonesia, yaitu Cikarang, Cibitung, dan Batam. Schneider Electric sebagai perusahaan berbasis energi listrik ini kini semakin berkembang dan dengan perkembangannya tersebut telah berdampak masif bagi pembukaan lapangan kerja. 

Sementara dari segi kemitraan bisnis, Schneider memiliki program mitra EcoXpert yang menawarkan misi listrik dunia berbasis masa depan yang lebih berkelanjutan. Kemitraan ini telah tersertifikasi dalam solusi EcoStruxure™. Sehingga pihak yang bermitra dengan Schneider Electric tidak perlu lagi khawatir mengenai dampak lingkungan yang dihasilkan. 

4. Bisnis Berkelanjutan: PT Krakatau Posco

PT Krakatau Posco, sebagai gabungan perusahaan antara PT Krakatau Steel dan Posco (Seoul), telah memiliki namanya sendiri di Indonesia. Sebagai produsen baja terbesar keempat di dunia, kehadiran perusahaan ini menjadi sangat berarti baik itu dari segi bisnis maupun pembukaan lapangan kerja.

Arti kehadiran PT Krakatau Posco tidak ingin berhenti sampai itu saja, sebab perusahaan ini juga ingin memberikan kontribusi pada lingkungan yang lebih berkelanjutan. PT Krakatau Posco akhirnya menginisiasi program kemitraan PTKP-Partnership-Program atau biasa disingkat Pcube. Untuk memberikan value lebih tinggi pada mitra bisnisnya, sehingga aktivitas  transaksi jual-beli dapat mendorong tumbuh berkembang bisnis bersama, dan berkontribusi pada kesuksesan pelanggan. Kemitraan ini juga didukung dengan inisiatif ESG untuk industri karbon neutral melalui penandatanganan nota kesepahaman antara POSCO Research Institute bersama Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

5. Bisnis Berkelanjutan: Shell Indonesia

Perusahaan berikutnya yang juga berambisi untuk mendorong kemitraan bisnis berkelanjutan adalah Shell Indonesia. Perusahaan yang bergerak pada bidang BBM, Pelumas untuk Industri, Otomotif dan Transportasi ini memiliki peran penting bagi masyarakat.

Terkait dengan kondisi lingkungan bumi saat ini, Shell melihat bahwa keberlanjutan berarti menyediakan energi yang penting bagi penduduk yang jumlahnya terus bertambah, dengan tetap menghormati manusia, keselamatan, dan lingkungan mereka. Dalam hal ini, kemitraan bisnis berkelanjutan Shell adalah berbasis pada 3 pendekatan utama; level 1. Bisnis yang bertanggungjawab, level 2. Membagikan manfaat secara luas, dan level 3. Mendukung masa depan yang berkelanjutan.

Baca Juga: 5 Musisi yang Aktif pada Gerakan Lingkungan

Tidak dapat dipungkiri, perusahaan memang memiliki peran besar dalam membangun masa depan lingkungan yang lebih berkelanjutan. Setiap inisiatif dan kemitraan bisnis berkelanjutan adalah sangat berarti bagi bumi sebagai tempat hidup seluruh umat. Saat ini untuk bisnis yang ingin merencanakan kemitraan berkelanjutan, telah hadir Satuplatform all-in-one solution yang dapat memberikan simulasi perhitungan emisi bagi perusahaan. Coba FREE DEMO dari Satuplatform sekarang juga, untuk dukung kemitraan bisnis berkelanjutan perusahaan Anda!

Similar Article

5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…