8 Daftar Software Bisnis untuk Perusahaan yang Efektif

Software bisnis untuk perusahaan merupakan salah satu aplikasi atau sistem komputer yang telah dirancang secara khusus. Tujuannya untuk membantu mengelola berbagai aspek operasional serta fungsional perusahaan. Software ini juga berfungsi untuk memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar. Baca Juga: Sustainable Business dan 5 Pelatihan Online

Jenis software bisnis yang sering digunakan manajemen sumber daya manusia (HRM), manajemen hubungan pelanggan (CRM), dan masih banyak lainnya.

Software bisnis

Daftar Software Bisnis untuk Perusahaan

Secara umum, manfaat penggunaan software bisnis untuk perusahaan sangatlah beragam, mulai dari meningkatkan efisiensi operasional sampai memperbaiki pengambilan keputusan. Melalui software tepat, perusahaan bisa mengotomatisasi proses-proses yang repetitive. Selain itu, software bisnis juga akan membantu perusahaan untuk bisa mengumpulkan serta menganalisis data lebih efektif. Sehingga manajemen bisa membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan informasi yang akurat dan real-time. Baca Juga: 3 Teknologi Atasi Perubahan Iklim

Software Bisnis: Satuplatform

SatuPlatform menawarkan perangkat lunak khusus yang dirancang untuk membantu perusahaan dalam mengelola dan melaporkan kinerja lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) serta akuntansi karbon. Di SatuPlatform.com, mereka menyediakan solusi ESG yang memungkinkan bisnis untuk melacak dan menganalisis data terkait keberlanjutan, mengidentifikasi area untuk perbaikan, dan memenuhi standar pelaporan ESG.

Selain itu, perangkat lunak akuntansi karbon mereka membantu perusahaan mengukur, melaporkan, dan mengurangi jejak karbon mereka, memastikan kepatuhan terhadap regulasi lingkungan, serta mendukung inisiatif pengurangan emisi dan keberlanjutan jangka panjang.

Software Bisnis: WhatsApp Business

WhatsApp Business merupakan versi khusus dari aplikasi WhatsApp yang telah dirancanguntuk kebutuhan berbagai bisnis. Platform ini nantinya akan memungkinkan bisnis untuk bisa berkomunikasi dengan pelanggan melalui panggilan suara, pesan teks, serta obrolan grup.

Fitur-fitur yang tersedia termasuk pesan otomatis untuk tanggapan cepat, analitik untuk melacak kinerja pesan, serta pengaturan label untuk mengorganisir kontak. WhatsApp Business sendiri akan mendukung integrasi dengan sistem manajemen pelanggan (CRM). Hal ini juga berguna untuk menyimpan riwayat percakapan dengan pelanggan.

Software Bisnis Absensi

Software absensi berfungsi untuk bisa memantau serta mengelola kehadiran karyawan. Melalui adanya software absensi, perusahan bisa mencatat waktu masuk dan keluar karyawan secara otomatis.

Selain itu, juga dapat mencegah kecurangan, dan mengoptimalkan penggunaan waktu. Fitur-fitur yang tersedia disini termasuk catatan absensi, pemantauan waktu online, laporan kehadiran, serta integrasi dengan sistem penggajian. Sebagian besar dari software absensi juga telah mendukung fitur seperti absensi melalui pengenal wajah atau sidik jari. Gunanya untuk keamanan yang lebih tinggi.

Software Bisnis: Inventory Management

IMS atau software stok merupakan aplikasi atau sistem yang akan membantu perusahaan dalam mengelola serta mengawasi persediaan barang.

Software ini nantinya akan memungkinkan perusahaan untuk mengelola pesanan pembelian dan penjualan, serta melacak stok barang, bahkan juga dapat memantau pergerakan barang secara efisien.

IMS nantinya juga akan membantu mengoptimalkan level persediaan, dan menghindari kekurangan atau kelebihan stok. Selain itu, dapat meningkatkan efisiensi dalam rantai pasok.

Enterprise Resource Planning (ERP)

ERP merupakan sistem perangkat lunak terintegrasi yang akan merangkum semua proses bisnis dalam satu platform. Hal ini mencakup fungsi-fungsi seperti akuntansi, produksi, manajemen keuangan, manajemen persediaan, manajemen proyek, dan lain-lain.

ERP ini memungkinkan para perusahaan untuk bisa mengintegrasikan data dan proses dari berbagai departemen. Selain itu, memungkinkan visibilitas dan koordinasi yang lebih baik antar bagian perusahaan.

Customer Relationship Management (CRM)

CRM terkenal sebagai aplikasi yang akan membantu perusahaan dalam mengelola interaksi dengan pelanggan dan prospek. Software ini mampu melacak penawaran dan transaksi, mencatat riwayat komunikasi dengan pelanggan, serta memungkinkan personalisasi layanan
pelanggan. CRM ini juga akan membantu perusahaan dalam memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan. Selain itu, dapat mempertahankan hubungan yang baik, serta meningkatkan retensi pelanggan.

Human Resources Management System (HRMS)

HRMS merupakan sistem yang akan membantu perusahaan untuk bisa mengelola informasi karyawan serta proses sumber daya manusia (SDM). Ini mencakup fitur seperti pelatihan, perekrutan, evaluasi kinerja, manajemen absensi, serta penggajian. HRMS juga memungkinkan perusahaan untuk bisa mengelola tenaga kerja dengan lebih efisien. Selain itu, dapat memastikan kepatuhan terhadap peraturan, serta meningkatkan kinerja dan retensi karyawan.

Software Bisnis: Financial Program

Software keuangan merupakan aplikasi yang akan membantu perusahaan dalam mengelola keuangan. Hal ini mencakup fungsi-fungsi seperti pembayaran tagihan, penagihan, pelaporan pajak, pembukuan, serta analisis keuangan.

Software keuangan nantinya akan membantu perusahaan dalam memastikan kesehatan keuangan. Selain itu, dapat mematuhi peraturan perpajakan, serta membuat keputusan keuangan yang tepat. Software bisnis ini memang akan membantu perusahaan dalam berbagai aspek operasional, manajemen, pertumbuhan, serta memainkan peran kunci dalam kesuksesan bisnis modern. Selain itu, juga dapat meningkatkan kolaborasi antar tim, serta mengoptimalkan penggunaan sumber daya.

Melalui kombinasi software yang sesuai, perusahaan nantinya dapat meningkatkan efisiensi. Selain itu, dapat memperkuat strategi bisnis, sekaligus mempertahankan daya saing yang ada di pasar.

Similar Article

5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…