Konservasi Alam: Pengertian hingga Manfaatnya

Ada banyak tindakan yang bisa dilakukan dalam tujuan melestarikan alam dan menjaganya agar tidak rusak atau hancur. Disebut juga dengan konservasi alam. Baca Juga: Konservasi Energi: Pengertian, Tujuan, dan Langkah untuk Mewujudkannya

Kesadaran akan pentingnya konservasi alam terus meningkat di seluruh dunia seiring dengan pengakuan akan dampak negatif yang ditimbulkan oleh kerusakan lingkungan dan kehilangan keanekaragaman hayati. 

Banyak pihak kini menjadikan konservasi alam sebagai salah satu agenda penting dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan hidup.

Apa Itu Konservasi Alam?

Aktivitas konservasi alam mengacu pada upaya untuk melindungi, merawat, dan mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan untuk kepentingan masa kini dan masa depan. 

Tujuan utama dari konservasi alam ialah guna mempertahankan keanekaragaman hayati, memelihara ekosistem yang sehat, dan memastikan penggunaan sumber daya alam yang berkelanjutan bagi manusia dan lingkungan. Baca Juga: Energi Terbarukan untuk Atasi Krisis Bahan Bakar Fosil

Pada dasarnya, konservasi alam merupakan praktik yang membuka jalan bagi perlindungan lingkungan dan sumber daya alam pada tingkat individu, organisasi, dan pemerintahan. Konservasi berkaitan dengan pengawasan yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan sumber dayanya, yang memenuhi kebutuhan saat ini dan masa depan.

Manfaat dari Konservasi Alam

Sesuai dengan tujuannya, konservasi berupaya menjaga keanekaragaman dan integritas ekosistem.

Dengan menjaga dan merawat lingkungan alamiah, kita dapat memastikan keberlanjutan sumber daya alam untuk generasi mendatang serta mendukung keseimbangan ekosistem global.

Beberapa manfaat dari sebuah kegiatan konservasi di antaranya adalah:

  1. Menjaga keseimbangan ekosistem alami, ditandai dengan keanekaragaman hayati yang bervariasi, sirkulasi air yang baik, siklus nutrisi yang berlangsung lancar, serta regulasi iklim dan cuaca yang stabil.
  2. Menjaga keberlangsungan sumber daya alam, seperti air, tanah, hutan, dan keanekaragaman hayati agar terus dapat tersedia dan dimanfaatkan oleh generasi seterusnya.
  3. Mendukung pengendalian bencana alam, seperti mengurangi potensi terjadinya erosi tanah, banjir, tanah longsor, dan kebakaran hutan.
  4. Menjaga kualitas udara dan air yang lebih baik sebab hutan dan vegetasi alami berperan dalam menyaring polutan dan menahan erosi tanah.
  5. Mendukung pembangunan ekowisata yang berkelanjutan bagi masyarakat yang tertarik mengenal alam lebih dalam.
  6. Meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik bagi manusia dengan menyediakan lingkungan yang sehat dan lebih baik di bumi.
  7. Mendukung ekonomi berkelanjutan.

Macam-Macam Konservasi Alam

Terdapat beberapa metode yang dilakukan dalam konservasi alam di antaranya:

Konservasi Hutan

Hutan merupakan sumber yang penting dan besar dalam mendukung kehidupan di alam bumi. Dan konservasi hutan dilakukan untuk menjamin bahwa kekayaan hutan akan dimanfaatkan secara bertanggung jawab dan bijaksana.

Berdasarkan informasi dari Lindungi Hutan, saat ini terdapat 55 taman nasional yang ada di Indonesia dengan kategori yang berbeda-beda. Diharapkan konservasi hutan dapat melindungi, memelihara, dan mengelola hutan secara berkelanjutan.

Konservasi Tanah

Bappenas menjelaskan bahwa adanya konservasi tanah dapat mencegah timbulnya erosi tanah yang menyebabkan kerusakan lahan serta menurunkan produktivitasnya.

Ada tiga macam konservasi tanah yang biasa dilakukan, seperti a) melindungi tanah terhadap kerusakan, b) memperbaiki tanah yang telah rusak, dan c) membuat tanah sedapat mungkin menjadi subur

Konservasi alam merupakan tanggung jawab bersama yang melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah, LSM, perusahaan, akademisi, dan masyarakat secara umum. Oleh karena itu, kerja sama yang baik dapat mendukung hasil yang optimal demi menciptakan alam sekitar yang lestari.

Turut serta dalam menjaga alam sekitar, salah satunya dengan berkontribusi mengurangi produksi emisi gas rumah kaca dari industri Anda secara berkelanjutan. Lakukan pengukuran emisi yang dihasilkan dan menciptakan solusi dari data-data tersebut. Miliki pencatatan dan pelacakan yang layak dan komprehensif dengan memanfaatkan platform all-in-one dari Satuplatform. Dapatkan DEMO GRATIS nya di sini!

Similar Article

5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…