Mengenal Bisnis Hijau: Apa dan Mengapa Penting?

Bisnis hijau merupakan praktik bisnis yang bertujuan meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan dan masyarakat.  Sembari menerapkan praktik-praktik berkelanjutan, konsep bisnis ini juga turut serta menjunjung tinggi kebijakan yang bertanggung jawab secara sosial sebagai bagian dari strategi operasional mereka. Umumnya mereka menerapkan prinsip-prinsip triple bottom line (planet, people, profit). Baca Juga: Keberlanjutan Bisnis : Bagaimana kita memulainya?

Bisnis Hijau Bisnis Hijau

Karakteristik Bisnis Hijau

Dalam menjalankan bisnis hijau perlu mengutamakan keseimbangan antara keuntungan ekonomi, sosial, dan lingkungan. Strategi hijau tidak hanya menghemat sumber daya alam, namun juga dapat mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi.

Terdapat beberapa karakteristik umum dari sebuah bisnis hijau:

  1. Memiliki kesadaran tinggi terhadap dampak lingkungan dari kegiatan operasional
  2. Mengadopsi praktik kerja yang efisien, berkelanjutan, dan bertanggung jawab
  3. Menawarkan produk atau layanan yang memiliki dampak lingkungan yang lebih rendah
  4. Berinisiatif untuk mendukung pembangunan sosial dan kesejahteraan masyarakat
  5. Bersikap transparan mengenai praktik bisnis berkelanjutan yang dijalankan
  6. Memenuhi standar tertentu dalam hal sertifikasi hijau sebagai bukti jelas

Bisnis hijau memiliki peran penting dalam mewujudkan keberlanjutan dan melibatkan berbagai manfaat, baik bagi lingkungan maupun bagi perusahaan itu sendiri. Baca Juga: Penilaian Daur Hidup (LCA) Untuk Menciptakan Bisnis Berkelanjutan

Mengapa Bisnis Hijau Diperlukan?

Bisnis hijau sedang menjadi konsep yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Kehadirannya berperan penting dalam mewujudkan keberlanjutan dan memberikan berbagai manfaat bagi lingkungan dan perusahaan.

Seiring dengan meningkatnya kesadaran tentang perubahan iklim dan keberlanjutan, bisnis hijau menjadi semakin penting dan mendapatkan dukungan dari konsumen yang peduli dengan masalah-masalah lingkungan. Demonstrasi yang sesuai cenderung menarik investor bergabung dalam mencapai keberlanjutan lingkungan.

Praktik bisnis yang ramah lingkungan dan minim emisi gas rumah kaca juga dapat membantu melindungi ekosistem dan menghadapi tantangan perubahan iklim. Selain itu, dalam prosesnya bisnis hijau menghasilkan efisiensi biaya, menghemat energi, dan meningkatkan profitabilitas perusahaan. 

Bisnis hijau yang secara aktif berkontribusi pada keberlanjutan sering kali membangun citra yang positif di mata konsumen, pelanggan, dan mitra bisnis. Ini dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan serta mendukung hubungan bisnis yang sehat.

Mewujudkan Bisnis Hijau

Untuk memulai menerapkan bisnis hijau, siapapun perlu menetapkan praktik terbaik untuk keberlanjutan dalam hal pembelian, pengembangan produk, manufaktur, dan penyediaan produk dan layanan. Tanggung jawab lingkungan adalah karakteristik utama yang membedakan perusahaan ramah lingkungan dengan perusahaan yang sebaliknya.

Terdapat empat hal yang dapat dipertimbangkan untuk memulai menjalankan bisnis hijau:

  1. Menurunkan konsumsi energi dan meningkatkan efisiensi.
  2. Menghilangkan limbah dan menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan.
  3. Mematuhi undang-undang, peraturan, dan praktik terbaik lingkungan hidup.
  4. Membeli peralatan, produk, dan layanan ramah lingkungan.

Mulailah dengan riset mendalam terkait apa yang dibutuhkan oleh pasar dan lakukan perubahan mulai dari perbaikan dasar hingga proyek yang lebih rumit dan berjangkauan luas.

Your All-in-One Sustainability Platform

Satuplatform hadir untuk mencapai tujuan keberlanjutan dengan menjadi yang terdepan sesuai regulasi yang berlaku. Satuplatform adalah platform all-in-one yang menyediakan solusi komprehensif untuk ESG Management, Carbon Accounting, dan Sustainability Reporting.

Dengan fitur-fitur Satuplatform, Anda dapat:

  1. Mengumpulkan dan menganalisis data ESG secara akurat dan efisien
  2. Melacak emisi karbon dan menetapkan target pengurangan emisi
  3. Menyusun laporan ESG yang memenuhi standar internasional dan nasional

Satuplatform juga didukung oleh tim ahli yang berpengalaman di bidang keberlanjutan bisnis. Tim ahli kami akan membantu memahami kebutuhan Anda dan engimplementasikan solusi yang tepat. Hubungi Satuplatform dan dapatkan FREE DEMO sekarang! Wujudkan bisnis yang berkelanjutan, berdaya saing, dan bertanggung jawab bersama Satuplatform.

Similar Article

5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…