Menilik Sejarah Sustainability Report

Sustainability Report adalah pelaporan yang memuat tentang dampak ekonomi, lingkungan, dan sosial dari kegiatan operasional bisnis. Dilakukan perusahaan untuk mengukur, mengungkap, dan sebagai upaya untuk menunjukkan akuntabilitas perusahaan kepada seluruh pemangku kepentingan. Baca Juga: Sustainability Report dan Fungsinya

Laporan ini membahas praktik bisnis berkelanjutan yang diterapkan, pencapaian tujuan, serta langkah-langkah yang diambil untuk mengatasi tantangan dan memperbaiki dampak negatif. Diharapkan adanya laporan keberlanjutan ini dapat mendorong perusahaan berkembang dengan lebih memerhatikan lingkungan. 

Sustainability Report Sustainability Report

Awal Mula Hadirnya Sustainability Report

Sejarah hadirnya sustainability report atau laporan keberlanjutan dimulai pada tahun 1980-an oleh sebuah industri kimia yang bertujuan untuk memperbaiki citranya. Kemudian hal ini dilakukan juga oleh perusahaan lainnya sebagai salah satu cara menarik minat investor yang peduli akan lingkungan.

Perkembangan dalam menghadirkan kerangka keberlanjutan di bidang korporasi kemudian dilanjutan pada tahun 1994 oleh Elkington. Diperkenalkanlah prinsip The Triple Bottom Line, sebuah kerangka keberlanjutan yang bertujuan untuk menyeimbangkan dampak sosial, lingkungan, dan ekonomi perusahaan.

Seiring dengan semakin meningkatnya jumlah perusahaan yang mulai membuat laporan keberlanjutan, diperlukan suatu standar yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk membuat laporan. The Global Reporting Initiative (GRI), sebagai ‘mekanisme akuntabilitas pertama yang memastikan perusahaan mematuhi prinsip-prinsip perilaku lingkungan yang bertanggung jawab yang kemudian menjadi pedoman dasar pelaporan keberlanjutan hingga saat ini. Baca Juga: Sustainability Report: Transparansi Membangun Kepercayaan

Peran Penting dan Manfaat Sustainability Report

Kini sustainability report sudah menjadi instrumen penting bagi perusahaan. Terlebih bagi mereka yang ingin membangun dan menjaga reputasi keberlanjutan, mengelola dampak bisnis, dan berkontribusi positif terhadap masyarakat dan lingkungan. 

1. Transparansi dan Akuntabilitas

Sustainability report memberikan transparansi terhadap praktik bisnis dan dampak bisnis terhadap ekonomi, lingkungan, dan masyarakat. Melalui ketersediaan informasi yang jujur dan terperinci, bisnis membangun kepercayaan dan akuntabilitas di antara pemangku kepentingan, termasuk pelanggan, investor, dan pemerintah.

2. Pemantauan dan Evaluasi Kinerja

Dengan mengukur pencapaian terhadap tujuan dan target keberlanjutan, bisnis dapat menilai efektivitas strategi keberlanjutan mereka.

3. Menarik Investasi dan Pembiayaan Berkelanjutan

Sustainability report dapat memberikan pemangku kepentingan, khususnya investor dan lembaga keuangan, gambaran yang lebih jelas tentang komitmen dan kinerja keberlanjutan bisnis.

4. Menyampaikan Nilai Bisnis

Membantu bisnis untuk menyampaikan nilai bisnis mereka, termasuk bagaimana praktik-praktik berkelanjutan dapat meningkatkan efisiensi, inovasi, dan diferensiasi di pasar.

5. Mendukung Pemasaran dan Citra Merek

Bisnis dapat menggunakan sustainability report sebagai alat pemasaran untuk menyoroti tanggung jawab sosial dan lingkungan lalu meningkatkan citra merek dan menarik konsumen yang semakin peduli dengan masalah-masalah keberlanjutan.

6. Mengidentifikasi Peluang dan Tantangan

Informasi yang diberikan dalam laporan dapat membantu bisnis menyesuaikan strategi mereka sesuai dengan tren pasar dan perkembangan keberlanjutan.

Pelaporan keberlanjutan telah mengalami kemajuan pesat dalam lebih dari 20 tahun terakhir. Kondisinya pun terus berubah mengikuti kondisi yang ada. Hal ini merupakan langkah besar yang diharapkan dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca baik dalam skala lokal maupun global

Your All-in-One Sustainability Platform

Satuplatform hadir untuk mencapai tujuan keberlanjutan dengan menjadi yang terdepan sesuai regulasi yang berlaku. Satuplatform adalah platform all-in-one yang menyediakan solusi komprehensif untuk ESG Management, Carbon Accounting, dan Sustainability Reporting.

Dengan fitur-fitur Satuplatform, Anda dapat:

  1. Mengumpulkan dan menganalisis data ESG secara akurat dan efisien
  2. Melacak emisi karbon dan menetapkan target pengurangan emisi
  3. Menyusun laporan ESG yang memenuhi standar internasional dan nasional

Satuplatform juga didukung oleh tim ahli yang berpengalaman di bidang keberlanjutan bisnis. Tim ahli kami akan membantu memahami kebutuhan Anda dan mengimplementasikan solusi yang tepat. Hubungi Satuplatform dan dapatkan FREE DEMO sekarang! Wujudkan bisnis yang berkelanjutan, berdaya saing, dan bertanggung jawab bersama Satuplatform.

Similar Article

5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…