Organisasi yang Menangani Masalah Lingkungan

Isu lingkungan merupakan salah satu topik yang menarik perhatian banyak pihak. Seperti diketahui, hal itu lantaran pencemaran lingkungan yang marak terjadi secara global. Pemerintah, pelaku usaha, komunitas/organisasi sampai masyarakat harus bersama-sama untuk mengatasi permasalahan ini.

Berbicara soal organisasi, terdapat organisasi dunia yang fokus untuk menangani permasalahan lingkungan. Baca Juga : Advokasi Lingkungan: Perlindungan Keberlanjutan

Organisasi Dunia - Satuplatfrom
Organisasi Dunia – Satuplatfrom

Greenpeace

Organisasi Dunia - Satuplatfrom
Organisasi Dunia – Satuplatfrom

Greenpeace atau Green Peace didirikan pada tahun 1971 di Vancouver, British Columbia, Kanada dan berkantor pusat di Amsterdam, Belanda. Organisasi dunia ini telah memiliki kantor regional di 41 negara dan 2,8 juta pendukung di dunia.

Pendirian organisasi ini dilatarbelakangi ketika fenomena percobaan nuklir yang dilakukan pemerintah Amerika Serikat di Amchitka. Sebuah pulau kecil di pesisir barat Alaska yang merupakan tempat perlindungan satwa liar. Para aktivis melakukan suara penolakan terhadap uji coba tersebut. Dengan mengirimkan kapal tua bernama Phyllis Cormack yang kemudian diubah namanya menjadi Greenpeace ke lokasi uji coba nuklir. Selama diperjalanan, aksi ini menimbulkan perhatian dari masyarakat luas yang akhirnya didengar.

Greenpeace menjadi organisasi internasional yang melakukan kampanye untuk perlindungan lingkungan secara global. Misi untuk membuat dunia yang lebih hijau dan damai.

National Geographic Society

Organisasi Dunia - Satuplatfrom
Organisasi Dunia – Satuplatfrom

National Geographic Society atau NGS didirikan pada tahun 1888 di Kosmos Klab, Washington, Amerika Serikat. Organisasi ini menyebarkan pengetahuan dan kampanye pelestarian lingkungan melalui majalah, siaran layar kaca sampai dengan layar lebar dengan beberapa judul film.

Organisasi dunia ini didirikan atas dasar antusiasme akan dunia geografi dan penjelajahan lingkungan. Sebanyak 33 orang yang terdiri dari elite perusahaan, akademisi, ilmuwan, penjelajah, jurnalis dan lain-lain berkumpul dan memiliki visi yang sama untuk menyebarluaskan ilmu geografi. Oleh karena itu, berdirilah organisasi ini dengan misi untuk menginspirasi, mencerahkan dan mengajar (inspire, illuminate and teach).

World Wildlife Fund For Nature (WWF)

Organisasi Dunia - Satuplatfrom
Organisasi Dunia – Satuplatfrom

World Wildlife Fund For Nature atau WWF merupakan organisasi dunia yang bergerak dibidang konservasi lingkungan hidup dan pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan. Didirikan pada tahun 1961 oleh ahli biologi Sir Julian Huxley, Pangeran Bernhard dari Belanda, Max Nicholson dan pelukis Sir Peter Scott di Morges, Swiss. WWF telah memiliki lebih dari 5 juta anggota di seluruh dunia dan berkantor pusat di Gland, Swiss.

Dalam sejarahnya, WWF awalnya berdiri untuk World Wildlife Fund namun berubah nama menjadi World Wildlife Fund For Nature pada tahun 1986. Kantor utama WWF berada di lebih dari 40 negara (salah satunya Indonesia) dan bekerja sebagai tim untuk mencapai tujuan keseluruhan. WWF memiliki misi untuk melestarikan keanekaragaman hayati dan mengurangi dampak yang disebabkan manusia.

Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC)

Organisasi Dunia - Satuplatfrom
Organisasi Dunia – Satuplatfrom

Intergovernmental Panel on Climate Change atau IPCC didirikan pada tahun 1988 oleh World Meteorological Organization (Organisasi Meteorologi Dunia) dan United Nations Environment Programme (Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa). Bertujuan untuk memberikan pandangan ilmiah kepada pemerintah sebagai acuan untuk menerapkan kebijakan terkait iklim berupa kajian atau laporan yang dipublikasikan.

Latar belakang pendirian ini berasal dari konferensi internasional pada tahun 1985. Konferensi yang bertujuan untuk tinjauan penyebab perubahan iklim yang berasal dari gas CO2 dan gas rumah kaca lainnya. IPCC memiliki misi untuk mengevaluasi risiko dari perubahan iklim yang disebabkan oleh aktivitas manusia.

Forest Stewardship Council (FSC)

Organisasi Dunia - Satuplatfrom
Organisasi Dunia – Satuplatfrom

Forest Stewardship Council atau FSC didirikan pada tahun 1994. Sebagai tindak lanjut dari Konferensi PBB tentang Pembangunan dan Lingkungan (KTT Bumi pada tahun 1992 di Rio de Janeiro). FSC menyediakan sistem untuk akreditasi, sertifikasi untuk pelaku usaha, pemerintah dan masyarakat dalam menjaga kelestarian hutan.

FSC memiliki misi untuk mempromosikan pengelolaan hutan di dunia yang layak secara lingkungan, bermanfaat secara sosial dan berkelanjutan secara ekonomi. Baca Juga : Green Building : Kriteria dan Manfaat

Friends of The Earth (FOEI)

Organisasi Dunia - Satuplatfrom
Organisasi Dunia – Satuplatfrom

Friends of The Earth atau FOEI berdiri pertama kali pada tahun 1971 oleh 4 organisasi yang berasal dari Perancis, Swedia, Inggris dan Amerika. FOEI menjalani berbagai program dengan tujuan utama untuk mengurangi pemanasan global. Program tersebut berkaitan dengan kesehatan komponen biotik dan abiotik. Memiliki kantor pusat di Amsterdam, Belanda dan lebih dari 75 grup di dunia serta setiap negara membawa isu yang berbeda-beda.

Di Indonesia sendiri, FOEI diwakili oleh Walhi atau Wahana Lingkungan Hidup Indonesia. Walhi merupakan salah satu organisasi terbesar di Indonesia yang berkontribusi besar terhadap kelestarian lingkungan hidup.

Worldwatch Institute

Organisasi Dunia - Satuplatfrom
Organisasi Dunia – Satuplatfrom

Worldwatch Institute merupakan organisasi dunia yang didirikan pada tahun 1947 oleh Lester Brown. Sebuah lembaga penelitian terkait lingkungan secara global dan berpusat di Washington D.C., Amerika Serikat. Worldwatch Institute memiliki misi yaitu melalui penelitian dan pejangkauan yang kemudian direalisasikan melalui tindakan dapat mempercepat transisi ke dunia berkelanjutan yang memenuhi kebutuhan manusia.

National Wildlife Federation

Organisasi Dunia - Satuplatfrom
Organisasi Dunia – Satuplatfrom

National Wildlife Federation didirikan pada tahun 1938 oleh Jay Darling di Amerika Serikat. Organisasi dunia ini terdiri dari lebih dari 4 juta pendukung dengan tujuan untuk mengurangi dampak perubahan iklim terhadap manusia, satwa liar dan tempat-tempat liar.

The Nature Conservancy

Organisasi Dunia - Satuplatfrom
Organisasi Dunia – Satuplatfrom

The Nature Conservancy berdiri pada tahun 1951 oleh sekelompok ilmuwan salah satunya Richard Pough di Virginia, Amerika. Organisasi dunia ini melakukan kampanye lingkungan yang terancam dengan memanfaatkan media online. The Nature Conservancy memiliki lebih dari 1 miliar anggota di 50 negara dan telah menyelamatkan 5.000 miles sungai dan 100 gerakan konservasi laut.

Your All-in-One Sustainability Platform

Satuplatform hadir untuk mencapai tujuan keberlanjutan dengan menjadi yang terdepan sesuai regulasi yang berlaku. Satuplatform adalah platform all-in-one yang menyediakan solusi komprehensif untuk ESG management, carbon accounting, dan sustainability reporting.

Dengan fitur-fitur Satuplatform, Anda dapat:

  1. Mengumpulkan dan menganalisis data ESG secara akurat dan efisien
  2. Melacak emisi karbon dan menetapkan target pengurangan emisi
  3. Menyusun laporan ESG yang memenuhi standar internasional dan nasional

Satuplatform juga didukung oleh tim ahli yang berpengalaman di bidang keberlanjutan bisnis. Tim ahli kami akan membantu memahami kebutuhan Anda dan mengimplementasikan solusi yang tepat. Hubungi Satuplatform dan dapatkan FREE DEMO sekarang! Wujudkan bisnis yang berkelanjutan, berdaya saing, dan bertanggung jawab bersama Satuplatform.

Similar Article

5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…