Begini Cara Cermat Siapkan Laporan ESG Perusahaan Secara Efektif!

Environmental, Social, and Governance atau biasa disingkat ESG merupakan kerangka kerja yang menjadi acuan untuk mengevaluasi, menilai, dan melaporkan kinerja berkelanjutan dan praktik bisnis yang etis dari sebuah organisasi atau perusahaan dalam sebuah laporan ESG. Baca Juga: Pentingnya Transparansi dalam Laporan ESG dan Keberlanjutan

Penerapan ESG merupakan bentuk usaha perusahaan untuk berkontribusi dalam isu-isu lingkungan, sosial, dan tata kelola. Dan menulis laporan ESG menjadi cara terbaik yang efektif sebagai bukti komprehensif kepada pemangku kepentingan tertentu.

Sebagian besar perusahaan di seluruh belahan dunia telah menyadari pentingnya penerapan ESG dalam kegiatan bisnis. Oleh karena itu, sistem pelaporannya perlu dilakukan secara transparan dan terstruktur agar kegiatan dan pencapaian mereka dapat terinformasikan dengan baik. Baca Juga: Daftar Kebijakan dan Peraturan terkait ESG di Indonesia

Mengapa Laporan ESG Penting?

Saat ini, penerapan ESG tidak hanya merupakan sebuah inisiatif namun telah menjadi kewajiban bagi perusahaan, di samping CSR dan kegiatan sejenisnya.

Melalui hadirnya laporan ESG, perusahaan dapat memberikan gambaran beserta detailnya kepada investor dan pemangku kepentingan lain tentang seberapa bertanggung jawab dan berkelanjutannya perusahaan yang dikelola.

Laporan ESG menjadi alat untuk membangun kepercayaan antara pelaku bisnis dan dunia di sekitarnya. Membantu dalam peningkatan visibilitas dan reputasi merek.

Selain itu, laporan ESG juga menjadi instrumen penting yang dapat membantu meningkatkan potensi kesempatan investasi. Melalui laporan yang efektif, investor dapat menganalisis operasi perusahaan dengan lebih baik dan menentukan apakah investasi yang dilakukan aman dan tepat. 

Tips Mempersiapkan Laporan ESG Perusahaan

Mempersiapkan laporan ESG tentu memerlukan waktu dan proses yang panjang. Sebagaimana laporan perusahaan lainnya, unsur keakuratan dan ketelitian adalah hal yang dibutuhkan agar dapat mencakup semua aspek dalam laporan.

Namun, semua proses pembuatan laporan ESG dapat lebih mudah dilakukan bersama Satuplatform!

Satuplatform merupakan platform all-in-one yang menyediakan solusi komprehensif untuk ESG Management, Carbon Accounting, dan Sustainability Reporting. Kami dapat membantu Anda mencapai tujuan keberlanjutan dengan menjadi yang terdepan sesuai regulasi yang berlaku. 

Dengan fitur-fitur Satuplatform, Anda dapat:

  1. Mengumpulkan dan menganalisis data ESG secara akurat dan efisien
  2. Melacak emisi karbon dan menetapkan target pengurangan emisi
  3. Menyusun laporan ESG yang memenuhi standar internasional dan nasional

Satuplatform juga didukung oleh tim ahli yang berpengalaman di bidang keberlanjutan bisnis. Tim ahli kami akan membantu memahami kebutuhan Anda dan mengimplementasikan solusi yang tepat. Hubungi Satuplatform dan dapatkan FREE DEMO sekarang! Wujudkan bisnis yang berkelanjutan, berdaya saing, dan bertanggung jawab bersama Satuplatform.

Selain itu, beberapa tips yang dapat Anda praktikan dalam mewujudkan laporan ESG yang efektif di antaranya adalah. 

  1. Menentukan tujuan – hal ini penting dilakukan untuk dapat mengukur target apa yang hendak dicapai dan informasi apa yang perlu diungkapkan di dalam laporan.
  2. Mengidentifikasi pemangku kepentingan – untuk membantu menyelaraskan tujuan perusahaan dan membantu mendapatkan data yang tepat untuk pelaporan.
  3. Mempersiapkan data – kumpulkan data yang relevan dan akurat untuk setiap aspek ESG secara holistik yang dilakukan perusahaan.
  4. Gunakan kerangka yang tepat – terdapat berbagai standar pedoman pengukuran ESG yang dapat digunakan dan telah diakui secara luas, seperti GRI, SASB, dan lainnya. Dapat disesuaikan dengan bidang perusahaan.
  5. Jadikan bahasa mudah dipahami – manfaatkan juga grafik, tabel, dan visualisasi data lainnya sehingga informasi dapat tersalurkan dengan baik.
  6. Tambahkan studi kasus – bertujuan menggambarkan secara pasti upaya dan pencapaian perusahaan melalui pemahaman yang seragam.
  7. Sertakan rencana lanjutan – tindak lanjut dapat menjadi bentuk komitmen untuk menunjukkan konsistensi perusahaan terhadap upaya yang telah dilakukan.

Laporan ESG yang informatif, transparan, dan efektif adalah kunci penting dalam mengkomunikasikan komitmen dan kinerja perusahaan Anda dalam hal tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Similar Article

5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…