Company Culture Suatu Perusahaan

Company Culture 

Company culture adalah nilai, tujuan, sikap, dan praktik bersama yang menjadi nilai dan ciri perusahaan atau organisasi. Aspek-aspek yang dapat dilihat seperti lingkungan kerja, kebijakan perusahaan, dan perilaku karyawan. Budaya perusahaan seringkali hanya tersirat, tidak difefinisikan secara tertulis dan tegas, mengikuti perkembangan dari waktu ke waktu. Baca Juga: Green Supply Chain Dalam Perusahaan

Company Culture Company Culture

Faktor yang Mempengaruhi 

Company culture tidak terlepas dari beberapa faktor berikut: 

  1. Nilai perusahaan
  2. Sejarah perusahaan
  3. Visi dan misi perusahaan
  4. Praktik nilai-nilai perusahaan
  5. Sumber daya manusia 
  6. Tempat kerja 

Jenis Budaya Perusahaan

      1. Kebudayaan Klan (Clan Culture)

    Budaya perusahaan klan biasanya terjadi di perusahaan dimana anggota staf seperti keluarga. Umumnya jenis company culture ini dapat ditemukan di bisnis kecil milik keluarga. Baca Juga: Partisipasi Perusahaan Dalam Sustainability Business

        1. Kebudayaan Adhokrasi (Adhocracy Culture) 

      Budaya perusahaan adhokrasi biasanya memiliki fokus pada inovasi dan tidak takut mengambil risiko. Umumnya anggota tim menantang status quo dan terus menemukan cara untuk berinovasi dan mengembangkan hal baru. 

          1. Kebudayaan yang Berfokus pada Pelanggan (Customer-Focused Culture) 

        Berfokus pada pelanggan dan mengutamakan experience yang diberikan kepada pelanggan. Budaya perusahaan seperti ini merupakan upaya untuk menciptakan loyalitas pelanggan. 

            1. Kebudayaan Berbasis Pasar (Market-Driven Culture) 

          Budaya perusahaan dengan tipe seperti ini digerakkan oleh market dan tujuannya adalah menguasai dan mencapai pasar. Biasanya budaya kerja yang seperti ini akan lebih fokus pada kinerja dan hasil. 

              1. Kebudayaan Berbasis Tujuan (Purpose-Driven Culture) 

            Budaya perusahaan didorong dengan tujuan yang kuat. Biasanya budaya perusahaan yang seperti ini akan memprioritaskan memberi kembali kepada masyarakat daripada menghasilkan keuntungan langsung setiap hari. 

                1. Kebudayaan Inovatif (innovative culture) 

              Budaya perusahaan ini biasanya memiliki tujuan untuk terus menghasilkan ide terbaru untuk meningkatkan kualitas perusahaan agar dapat memberikan produk/layanan yang dibutuhkan konsumen saat ini dan yang tidak terduga. 

                  1. Kebudayaan Kreatif (Creative Culture) 

                Budaya perusahaan seperti ini akan lebih fokus pada penciptaan produk, cerita, dan layanan baru. Ide dan cerita inovatif merupakan poin utama, sehingga dalam bekerja biasanya akan lebih kepada kerja tim bukan individual. 

                    1. Budaya Perusahaan Tradisional (Hierarki) 

                  Budaya hierarki adalah tempat kerja yang paling tradisional, dimana bergantung pada struktur manajer tingkat atas, supervisor, dan officer atau karyawan dengan tanggung jawab yang berbeda dan disesuaikan dengan jabatan masing-masing. Budaya ini membantu perusahaan agar lebih terorganisir dan setiap anggota memiliki peran dan tujuan yang jelas. 

                  Your All-in-One Sustainability Platform

                  Satuplatform hadir untuk mencapai tujuan keberlanjutan dengan menjadi yang terdepan sesuai regulasi yang berlaku. Satuplatform adalah platform all-in-one yang menyediakan solusi komprehensif untuk ESG management, carbon accounting, dan sustainability reporting.

                  Dengan fitur-fitur Satuplatform, Anda dapat:

                  1. Mengumpulkan dan menganalisis data ESG secara akurat dan efisien
                  2. Melacak emisi karbon dan menetapkan target pengurangan emisi
                  3. Menyusun laporan ESG yang memenuhi standar internasional dan nasional

                  Satuplatform juga didukung oleh tim ahli yang berpengalaman di bidang keberlanjutan bisnis. Tim ahli kami akan membantu memahami kebutuhan Anda dan mengimplementasikan solusi yang tepat. Hubungi Satuplatform dan dapatkan FREE DEMO sekarang! Wujudkan bisnis yang berkelanjutan, berdaya saing, dan bertanggung jawab bersama Satuplatform.

                   

                  Similar Article

                  5 Brand Kosmetik yang Dukung ESG

                  Berbagai jenis dan varian dari produk kosmetik yang tersebar luas, menimbulkan potensi sampah kemasan yang menumpuk di landfill. Tidak hanya…